5 Peluang Usaha Sampingan Untuk Menambah Penghasilan, Apa Saja?

Daftar isi [Tampil]

Sedang mencari ide untuk mendapat penghasilan tambahan? Tuntutan dan kebutuhan hidup yang kian meningkat seiring waktu membuat sebagian dari kita merasa kekurangan dalam hal pendapatan. Sebab, upah atau gaji utama juga terbatas, bahkan banyak yang tidak seimbang dengan pengeluaran. Satu solusi tepat tentunya membuka usaha sampingan. Cara memperoleh pendapatan sampingan ada sangat banyak berupa beragam peluang usaha modal kecil untuk pemula.

Peluang Usaha Sampingan

Photos by https://pixabay.com

Tidak hanya usaha yang dijalani atas kerjasama atau ‘bergabung’ dengan usaha yang sudah ada, tetapi juga bisa membuatnya sendiri. Hanya saja tidak semua usaha sampingan dipastikan berjalan sukses. Nah, di bawah ini beragam pilihan peluang usaha yang berupa bisnis sampingan dalam menambah penghasilan populer. Apa saja? Ini dia di antaranya.

• Membuka Katering Harian

Jika Anda adalah seorang karyawan atau mahasiswa yang sedang mencari usaha sampingan, usaha katering harian bisa jadi pilihan yang tepat. Apa lagi bila memang dari segi peluang, cukup tinggi. Anda bisa memberi penawaran terhadap rekan satu kantor atau kampus untuk menyediakan katering makan siang setiap harinya. Kebanyakan karyawan dan mahasiswa terbiasa membeli makanan di luar, bukan? Manfaatkan peluang tersebut. Sesuaikan harga jual dalam peluang usaha sampingan ini dengan konsumennya sendiri. Beri harga yang lebih murah dari kebanyakan makanan yang mereka konsumsi setiap harinya, disertai kualitas makanan yang lebih terjamin. Pasti banyak orang di sekitar Anda yang tertarik.

• Berjualan Pulsa

Usaha kedua yang bisa dipilih adalah membuka usaha berjualan pulsa. Bisa Anda lihat sendiri betapa banyak orang yang memakai gadget dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Maka kebutuhan akan pulsa terus meningkat apa lagi kini banyak aplikasi yang sering digunakan menyita saldo pulsa lebih banyak lagi.

Usaha ini bisa menjadi peluang yang sangat tinggi apa bila di lingkungan Anda belum banyak yang membuka usaha serupa. Ini juga bisa menjadi satu usaha sampingan ibu rumah tangga di rumah. Karena tidak menyita banyak waktu dan tenaga, sehingga para ibu rumah tangga masih bisa menjalani tugasnya secara maksimal seperti memasak, mengasuh anak, dan pekerjaan-pekerjaan rumah lain.

• Menjadi Seorang Penulis

Memiliki bakat dalam bidang penulisan? Kini banyak sekali tawaran usaha sampingan yang berhubungan dengan dunia tulis. Dari mulai menjadi penulis artikel, penulis blog, sampai penulis yang khusus untuk review. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengasah kemampuan menulis dengan membuat buku ciptaan Anda sendiri dan menawarkan pada banyak penerbit.

Perlu Anda ketahui, keberadaan penerbit di Indonesia sendiri sangat banyak dan seiring waktu bertambah. Peluang usaha sampingan ini cocok bagi siapa pun, bagi para mahasiswa, karyawan, atau pun ibu rumah tangga. Perlengkapan yang dibutuhkan juga tidak banyak dan rata-rata dimiliki oleh setiap rumah.

• Jasa Cuci dan Bersih-Bersih

Usaha sampingan modal kecil berikutnya yang bisa dipilih adalah membuka jasa cuci dan bersih-bersih. Waktu ke waktu, banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan berbagai jasa untuk menyelesaikan tugasnya termasuk tugas rumahan. Banyak keluarga yang memilih memakai jasa cuci dan bersih-bersih untuk mencuci pakaian dan membersihkan rumah. Khususnya mereka kalangan yang sangat sibuk.

Ditambah keberadaan asisten rumah tangga kian sulit didapatkan karena permintaannya yang terus melonjak. Anda bisa memanfaatkan peluang yang satu ini, buka lah jasa cuci di rumah dan bersih-bersih panggilan. Anda bahkan bisa menarik karyawan tambahan jika bisnis berjalan dengan baik.

• Supir Ojek dan Taksi Online

Kelima sekaligus terakhir adalah menjadi seorang supir ojek atau taksi online yang kini peluangnya sangat besar. Untuk menjalani karir ini, Anda tidak membutuhkan waktu yang pasti atau jadwal yang pasti. Anda bisa menyesuaikan dengan waktu kosong yang Anda miliki. Asalkan memang memiliki syarat dan ketentuan utama seperti kendaraan serta surat izin mengemudi.

Sebagai peluang usaha sampingan yang memiliki banyak peminatnya, usaha ini dari sisi pendapatan memang cukup menarik. Hanya memang Anda harus sigap dan benar-benar istilahnya bekerja di jalanan. Mungkin kurang cocok dengan yang gemar kerja bersih dalam ruangan, tetapi usaha sampingan ini banyak membantu masyarakat yang mencari penghasilan tambahan mau pun penghasilan utama.

Usaha atau bisnis sampingan bisa dijalani dalam bentuk apa pun. Mulai dari yang berskala kecil dan sederhana, sampai yang berskala besar dan masuk dalam kategori bisnis besar. Sering lah melakukan riset atau mengamati apa saja yang banyak dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar Anda.

Tidak hanya usaha-usaha di atas, karena masih banyak jenis kebutuhan lainnya yang sering dicari dan bisa dibisniskan. Peluang usaha sampingan juga bisa muncul dari bagaimana kondisi kehidupan di sekitar lingkungan Anda. Misalnya di lingkungan rumah yang seringkali menjadi wilayah seorang ibu rumah tangga. Intinya ada beragam usaha sampingan yang bisa dipilih dan dijalani. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi usaha sampingan Anda.

Posting Komentar

0 Komentar