7 Cara Agar Pengajuan KPR Disetujui Bank

Daftar isi [Tampil]

Pertumbuhan populasi di Indonesia yang terus meningkat membuat kebutuhan akan tempat tinggal yang layak juga terus berbanding lurus dengan pertumbuhan penduduk. Hal ini seringkali tidak sebanding dengan tersedianya lahan untuk didirikan tempat tinggal, belum lagi dengan harga material dan bahan bangunan yang semakin tinggi menyebabkan impian untuk bisa memiliki tempat tinggal idaman semakin jauh dari kenyataan. Karena berbagai hal tersebut itulah yang kemudian menjadikan KPR begitu banyak diminati sebagai solusi untuk dapat memiliki rumah idaman terutama para keluarga muda.

Berikut 7 cara agar pengajuan KPR disetujui bank :

Ada begitu banyak orang yang ingin agar pengajuan pinjaman kredit perumahan melalui KPR dapat disetujui oleh bank. Namun tidak sedikit yang kemudian harapan mereka berakhir saat pengajuan KPR tersebut ditolak oleh bank. Hal ini dikarenakan kebanyakan dari mereka kurang mengetahui cara agar pengajuan KPR disetujui bank. Karenanya disini akan diberikan beberapa cara agar pengajuan KPR disetujui bank melalui proses yang umum dilakukan.

Lengkapi semua dokumen sebagai syarat pengajuan KPR

Hal ini menjadi sebuah langkah awal yang wajib untuk dipersiapkan karena semua dokumen tersebut sangat diperlukan sebagai syarat pengajuan KPR, disamping itu kelengkapan semua dokumen tersebut dapat menunjukkan bahwa anda serius dalam pengajuan pinjaman perumahan melalui KPR tersebut.

Pastikan anda memiliki riwayat tabungan yang tertib dan menarik

Riwayat transaksi di rekening tabungan anda setidaknya pada 6 bulan terakhir sebaiknya terdapat transaksi dengan nilai yang melebihi besaran angsuran yang akan anda setorkan ke bank jika pengajuan KPR anda disetujui nantinya. Hal ini akan dijadikan bahan penilaian yang akan dilakukan oleh pihak bank untuk mengukur kemampuan debitur ketika membayar angsuran setiap bulan nantinya.

Jangan pilih rumah dengan harga melebihi jangkauan gaji atau penghasilan anda.

Disini sebenarnya Anda sendiri yang dapat memperkirakan kemampuan anda sendiri untuk memilih rumah yang nilainya cukup dan sesuai untuk pengajuan KPR anda. Memiliki rumah yang bagus dan luas tentunya menjadi harapan siap saja, namun jika harga beli dari rumah tersebut menjadikan nilai angsuran tidak sesuai dengan kemampuan bayar maka sudah pasti akan ditolak oleh bank.

Sebagai saran, pilihlah lokasi rumah yang tidak terlalu dekat dengan pusat kota sehingga harga beli ruamh tersebut tidak terlalu tinggi, tentu saja dengan tetap memperhatikan fasilitas umum yang tetap terjangkau.

Hitung total penghasilan anda dan pasangan anda

Untuk pasangan yang memiliki penghasilan atau gaji sendiri-sendiri maka anda dapat melakukan Join Income sebagai salah satu solusi apabila rumah yang akan anda beli harganya diatas kemampuan penghasilan anda. Dengan begitu maka kemampuan bayar Anda menjadi lebih tinggi dan menambah skor kemampuan bayar nantinya.

Jangan mempunyai riwayat kredit yang buruk

Kalau sebelumnya anda pernah memiliki kredit baik itu berupa kredit pembelian barang atau kredit lainnya, maka pastikan kalau anda tidak sampai menunggak hingga lewat bulan jatuh tempo atau bermasalah, karena dalam setiap proses pengajuan kredit pihak bank akan selalu melakukan proses SID / BI Checking semua calon debitur mereka.

Bagi para pemegang kartu kredit maka hal ini perlu menjadi sebuah perhatian, karena jika Anda sering menunggak pembayaran kartu kredit maka ini merupakan catatan yang sangat mempengaruhi penilaian dari bank ketika memproses pengajuan KPR Anda. Hal ini sebagai bukti bahwa tidak hanya catatan kredit dari bank saja yang diperhatikan, namun juga pembayaran kartu kredit juga cicilan sepeda motor.

Jika ingin mengetahui tentang riwayat kredit Anda selama ini, maka Anda dapat melakukan pengecekan BI Check sendiri secara online sebagai dasar pertimbangan sebelum mengajukan KPR.

Perhitungkan jumlah angsuran yang akan anda setor setiap bulannya

Hitung semua penghasilan anda dan pasangan anda lalu bandingkan dengan jumlah angsuran yang akan setorkan setiap bulan. Anda dapat menggunakan kalkulator untuk menghitung semua ini. Pastikan bahwa jumlah angsuran yang akan anda bayarkan tidak sampai melebihi 30% dari penghasilan anda, karena selain dapat menyebabkan pengajuan KPR anda ditolak hal ini juga akan membuat anda kerepotan setiap bulannya jika rasio angsuran anda melebihi batasan tersebut.

Berharaplah kepada Tuhan

Karena selain pihak bank yang memutuskan, Tuhan juga turut berperan dalam hal ini. Percayalah apabila pengajuan KPR anda ditolak maka pasti Dia akan memberikan dan sedang mempersiapkan yang terbaik untuk anda.

Kesimpulan

Dari 7 cara agar pengajuan KPR disetujui bank diatas merupakan beberapa hal umum yang sering ada pada setiap pengajuan KPR dan kredit lainnya. Anda dapat mencoba menerapkannya ketika mengajukan KPR atas rumah yang anda idamkan selama ini. Jika pengajuan KPR anda ditolak maka review kembali semua kendala yang ada alami kemudian coba lagi pada bank yang lain. Jika Anda memiliki riwayat kredit yang menyebabkan pengajuan KPR ditolak, maka tunggulah 1 hingga 2 tahun untuk mengajukan kembali, dengan catatan semua kredit Anda sudah lunas sebelumnya. Semoga suatu saat anda dapat memperoleh rumah idaman untuk keluarga tercinta anda.

Posting Komentar

0 Komentar