Tabungan Anak Sejak Dini Dan Manfaatnya: Berikut 4 Hal Menariknya!

Daftar isi [Tampil]

Sebagai orang tua sangat penting untuk membiasakan anak menabung dari usia dini. Hal ini merupakan salah satu bagian penting dari perencanaan keuangan yang berguna sebagai pembelajaran kepada anak tentang bagaimana mengelola keuangan yang baik. Umumnya cara paling mudah adalah dengan mulai menyisihkan uang yang di tabung pada celengan di rumah. Kemudian langkah selanjutnya yaitu tentang bagaimana menabung di bank dan mengenalkan rekening tabungan anak pada mereka. Hal ini akan jauh lebih mudah jika anak sering di ajak ke bank untuk menabung. 

Tentunya dimulai dari anda sendiri sebagai orang tua juga harus memberikan contoh untuk menabung. Jangan hanya seperti banyak orang tua yang lebih sering mengajak anak ke ATM untuk mengambil uang. Hal tersebut tidak salah asalkan anak diberi pemahaman tentang bagaimana uang tersebut bisa berada di mesin ATM.

rekening tabungan anak

Bagaimana Mengenalkan Manfaat Tabungan Anak Sejak Dini

Mengajak anak serta mengenalkan mengenai cara dan manfaat menabung di bank pasti akan sangat menyenangkan bagi mereka. Terlebih lagi jika mereka memiliki buku tabungan dengan tertulis nama mereka sendiri sebagai pemiliknya. Hal itu tentunya merupakan sebuah pengalaman tersendiri bagi putra-putri anda. 

Sudah ada banyak sekali bank yang menawarkan rekening tabungan anak sekolah yang memiliki kelebihan masing-masing. Carilah yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya lokasi yang dekat sehingga memungkinkan untuk selalu mengajak anak anda untuk menabung ke rekeningnya sendiri. Berikut ini beberapa tips yang dapat dipertimbangkan untuk memilih rekening tabungan untuk putra-putri Anda yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kumpulkan Brosur

Cara termudah untuk mengetahui produk adalah melalui brosur, namun akan lebih baik jika anda juga bertanya kepada CS bank tersebut. Bandingkan pada beberapa bank lain mengenai fasilitas yang diberikan untuk mengetahui kebutuhan anda. Ada banyak bank yang menyediakan produk tabungan anak, karena itu pilihlah bank yang menawarkan produk sesuai dengan kebutuhan Anda dan tidak rumit dalam proses pembukaannya.

Setoran Awal Ringan

Seperti halnya rekening tabungan yang lainnya, rekening tabungan anak juga membutuhkan setoran awal. Karena itu carilah rekening tabungan anak yang setoran awalnya ringan sehingga memungkinkan anak untuk membuka rekening dengan uang tabungannya sendiri. Hal tersebut dapat menumbuhkan rasa bangga pada diri anak karena telah dapat menabung dengan uang mereka sendiri. Untuk minimal setoran umumnya rekening tabungan anak tidak terlalu besar seperti tabungan regular pada umumnya.

Potongan Admininstrasi Bulanan Yang Rendah

Hal ini penting untuk diperhatikan walaupun kebanyakan rekening tabungan untuk anak umumya jauh lebih ringan bahkan free biaya administrasi bulanan. Namun jika tidak memungkinkan, maka carilah bank yang mengenakan potongan bulanan yang rendah. Hal ini perlu untuk di prioritaskan sebagai pertimbangan demi menghindari berkurangnya jumlah tabungan akibat biaya administrasi bulanan. Karena akan menurunkan semangat buah hati Anda untuk menabung.

Suku Bunga Menarik

Tujuan disediakannya rekening tabungan anak merupakan sebuah media pembelajaran dalam berlatih untuk mengelola keuangan sejak dini serta bersabar untuk dapat memperoleh sesuatu yang diinginkan melalui menabung. Jadi tidak ada salahnya jika anda memilih bank yang menawarkan suku bunga menarik untuk rekening tabungan anak. Hal ini juga akan mendongkrak semangat anak untuk terus menabung karena uangnya terus bertambah.

Beberapa tips di atas merupakan hal dasar untuk dipertimbangkan dalam memilih rekening tabungan anak yang tepat. Namun keberhasilan tentu ditentukan oleh orang tua sendiri dalam mengarahkan dan tentunya adalah memberikan contoh. Akan sia-sia saja jika orang tua sendiri tidak memberikan contoh menabung dan justru memperlihatkan gaya hidup yang boros. Dan tentunya menabung merupakan sebuah langkah penting dalam perencanaan keuangan keluarga baru.

Posting Komentar

0 Komentar