11 Cara Marketing Menarik Konsumen Yang Efektif, Diungkap Disini!

Daftar isi [Tampil]

Ketika kita berbicara tentang cara marketing dan menarik konsumen yang efektif tentu akan banyak sekali dan berbeda-beda pada setiap orang sesuai dengan produk yang ditawarkan dan style dari masing-masing marketing. Walaupun begitu faktanya tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik. 

Cara menarik konsumen yang efektif

Banyak sekali buku tentang marketing yang ditulis oleh orang yang berbeda dan walaupun mungkin anda sudah membaca banyak buku marketing mungkin anda juga belum tentu bisa mengambil manfaat dari tips marketing yang telah anda anda bukan? Berikut ini dia 11 cara marketing menarik konsumen yang garis besarnya dapat dipakai oleh semua orang dan berbagai jenis usaha.

cara marketing menarik konsumen

1. Mengerti Dengan Customer Anda

Kenal dengan customer anda merupakan awal yang baik dan merupakan langkah penting dalam proses marketing, semakin lengkap dan banyak informasi yang anda peroleh dari customer, maka akan semakin mendekatkan anda untuk sampai ke penjualan.

2. Selalu Observasi Area Marketing

Setelah anda mengenal customer anda, selanjutnya anda melakukan observasi di area pemasaran anda mengenai kemungkinan peluang bisnis yang muncul akibat dari perubahan kondisi global, seperti munculnya produk baru di area market anda. Pastikan secara teratur anda selalu melakukan hal ini. Anda juga bisa memperoleh informasi mengenai produk dan layanan kompetitor melalui konsumen setia anda.

3. Buat Produk dan Layanan Yang Dibutuhkan

Membuat atau mengemas produk merupakan tugas wajib seorang pengusaha kemudian mempresentasikan produk sesuai dengan yang customer inginkan. Ketika anda telah memiliki marketing plan, maka Anda harus memastikan produk layanan Anda tersebut sudah sesuai dengan yang Customer inginkan, mulai dari pengemasan hingga dikonsumsi atau digunakan.

4. Bekerja Dengan Halus dan Efisien

Semua aktivitas dalam menjalankan bisnis sama pentingnya dengan memperlakukan produk itu sendiri, selalu utamakan untuk melakukan pengiriman cepat, melayani customer dengan sopan, berikan senyuman, berikan bonus dan kenyamanan supaya pelanggan loyal kepada anda.

5. Rancang Iklan Yang Tertarget dan Komunikasi Dengan Pelanggan

Tentu anda tidak akan mengiklankan produk make up di sebuah kawasan proyek bangunan. Karena itu menempatkan beberapa iklan saja tidak cukup untuk memperoleh perhatian dari pelangan. Setiap pelanggan selalu melihat iklan setiap hari dalam hidup mereka. Karena itu anda harus melakukan hal yang sama namun harus tampil dengan lebih cantik dan menarik untuk menarik perhatian mereka. Sertakan dalam iklan anda muatan emosional dan argumen yang rasional untuk mendemonstrasikan penjualan anda, dan beri alasan mengapa mereka butuh dan harus membeli produk anda.

6. Berinvestasi Dengan Orang Anda

Salah satu aset terpenting yang anda miliki sebenarnya adalah Staff atau karyawan. Karena itu selalu berikan mereka motivasi dan pelatihan sehingga mampu melakukan pekerjaan dengan baik, berikan mereka sumber daya yang mereka butuhkan dan pastikan mereka paham dengan tanggung jawab terhadap pekerjaan. Kalau semua karyawan mampu bekerja sama sebagai tim yang kompak dan bisa diandalkan, maka bisnis Anda akan jauh lebih meningkat.

7. Jaga Kerapihan Tempat Usaha Anda

Kesan pertama dari penampilan kantor atau toko yang rapi akan mencerminkan sebagian besar perusahaan anda, buatlah pelanggan anda merasa senyaman mungkin. Karena itu apabila kantor atau toko anda Berantakan, maka apa yang akan mereka pikirkan tentang perusahaan, gudang, dan sistem anda ? Tentu mereka akan berpikir jika sistem dan yang lainnya sama berantakannya dengan penampilan kantor atau toko anda. Penampilan tempat usaha merupakan cara marketing menarik konsumen untuk pertama kali.

8. Memiliki Strategi Harga

Dalam menentukan harga jual jangan hanya dengan menetapkan harga berdasarkan biaya produksi ditambah margin. Harga yang tepat akan memberikan hal yang paling kuat dalam usaha anda. Pastikan harga merupakan bagian terbesar yang diperhatikan dalam strategi, utamakan hal ini ketika menyusun marketing plan. Tidak selalu harga murah menjadi cara marketing menarik konsumen, karena itu buatlah komposisi yang pas dan berikan nilai lebih serta alasan jelas bagi konsumen untuk membeli produk anda jika anda memberikan harga yang lebih tinggi daripada kompetitor.

9. Tanggapi Komplain Dengan Baik

Tidak semua penlanggan pasti dapat kita puaskan, bahkan pelanggan yang loyal pun bukan berarti tidak akan pernah komplain. Selalu tanggapi setiap komplain pelanggan dengan baik dan cepat, ingat bahwa Citra perusahaan anda akan mudah rusak jika komplain pelanggan tidak tertangani dengan baik, dan kepuasan pelanggan adalah kunci pemasaran anda.

10. Tulis Marketing Plan

Sampikan strategi anda dalam bentuk tulisan marketing Plan yang mudah dipahami team anda, dan memastikan semua member atau tim anda mengerti dengan arah laju perusahaan. Plan dibuat dalam bentuk dokumen yang merupakan hasil dari penelitian yang meliputi semua aspek penting produk dan perusahaan anda.

11. Mulailah Melakukan Promosi Online

Sudah menjadi sebuah tuntutan bahwa saat ini bisnis apapun harus mempunnyai identitas secara online baik itu hanya sebatas social media seperti fanpage, Instagram maupun toko online hingga market place. Seperti yang dilakukan oleh X-Name Solutions yang menjual produk Kapsul Kunir Putih di Tokopedia yang merupakan salah satu market place terbesar di Indonesia namun juga tetap memasarkan produk Kapsul Kunir Putih di toko onlinenya.

Berikut diatas 10 cara marketing menarik konsumen yang efektif yang mungkin sedikit bisa membantu anda untuk mencapai target penjualan dengan tetap menjaga kepuasan pelanggan.

Posting Komentar

0 Komentar