5 Ide Usaha Kreatif dan Unik, Apa Saja Itu?

Daftar isi [Tampil]

Menemukan ide usaha bagi sebagian orang bukanlah hal yang gampang dikarenakan berbagai macam faktor, diantaranya peluang dan jenis usaha yang laku di masyarakat serta jumlah pesaing yang telah ada. Karena itu dibutuhkan berbagai inovasi dan kreatifitas dalam menemukan ide usaha kreatif dan unik sehingga bisa tampil berbeda tanpa harus merasakan beratnya kompetisi dengan para pesaing yang telah ada.

Tidak cukup dengan menemukan sebuah ide usaha kreatif saja, namun untuk terus mampu memenangkan kompetisi maka inovasi harus terus menerus dilakukan supaya bisnis dapat terus berjalan dan tidak berhenti beroperasi apalagi sampai mengalami kebangkrutan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa usaha yang berpotensi sukses adalah jenis bisnis yang sanggup bertahan dalam menghadapi kompetisi yang sulit.

ide usaha kreatif

Photo by https://pixabay.com

Beberapa Ide Bisnis Yang Unik Dan Kreatif

Jika jeli mencari maka akan ada cukup banyak ide bisnis unik dan kreatif dengan modal kecil yang masih minim sekali persaingan dengan prospek yang cukup menjanjikan. Berikut ini 5 ide usaha kreatif dan unik yang dapat dijadikan sebagai pilihan bisnis cukup inovatif karena belum banyak dilakukan orang lain :

1. Jasa bengkel panggilan darurat

Ide usaha yang pertama adalah berupa bengkel panggilan darurat. Saat ini penggunaan kendaraan bermotor atau mobil sudah merupakan sebuah kebutuhan primer di berbagai daerah. Besarnya orang yang menggunakan kendaraan bermotor merupakan sebuah peluang usaha dengan menyediakan jasa bengkel panggilan darurat. Tentu saja untuk menjalankan ide usaha ini dibutuhkan keahlian dalam bidang otomotif.

Cara kerja usaha ini tergolong sederhana saja, yaitu ketika ada kendaraan bermotor mogok di jalan maka Anda dari bengkel darurat panggilan akan siap meluncur ke lokasi untuk memperbaiki masalah pada kendaraan tersebut dalam waktu yang cepat.

Seringkali kendala yang menyebabkan mogoknya kendaraan adalah beberapa masalah sepele seperti busi kotor, aki tekor bahkan kehabisan bahan bakar. Karena itu selain melayani jasa perbaikan kendaraan, Anda sebagai penyedia jasa bengkel darurat panggilan juga bisa membawakan bahan bakar bagi kendaraan yang mungkin macet karena kehabisan bahan bakar. Kalau diperhatikan ide bisnis ini sangat unik dan kreatif namun sangat menarik serta menjanjikan.

2. Usaha Jasa Pertukangan

Berkembangnya bisnis properti saat ini terkadang tidak diimbangi dengan ketersediaan tenaga tukang yang dibutuhkan ketika ada masalah dengan rumah yang mungkin bocor, keramik pecah, saluran air mampet dan sebagainya. Hal-hal seperti tadi merupakan peluang bagus untuk ide usaha kreatif dan unik dalam bidang jasa pertukangan ketika bisnis di bidang jasa lainnya telah sempit dengan persaingan.

Walaupun untuk awalnya usaha pada bidang jasa pertukangan ini bukan untuk mengerjakan sebuah proyek seperti pembangunan rumah, perkantoran atau bangunan lain, namun tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan mampu berkembang besar dan menjadi jasa yang banyak dibutuhkan.

Beberapa jenis pekerjaan sederhana yang bisa disediakan dalam usaha jasa pertukangan ini, antara lain memperbaiki pipa saluran air, atap yang bocor, mengecat bangunan atau memperbaiki tembok yang sudah kusam karena usia atau cuaca. Sediakan saja daftar tarif jasa untuk harian atau borongan dengan disertai kontak yang bisa dihubungi baik melalui telepon atau WhatsApp, dengan begitu maka bisnis jasa pertukangan dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.

3. Usaha Jasa Kebersihan Panggilan

Padatnya kesibukan sebuah keluarga seringkali menjadikan pekerjaan rumah terbengkalai dan tidak tertangani, apalagi jika keluarga tersebut tidak mempunyai asisten rumah tangga. Atau ketika sebuah keluarga memiliki rencana untuk mengadakan sebuah acara besar di rumah, biasanya perlu terlebih dahulu membersihkan rumah sebagai persiapan baik dilakukan sendirian atau dibantu oleh beberapa anggota keluarga lain. Bagi sebagian orang hal tersebut sangat merepotkan dan menguras tenaga karena harus membersihkan rumah dengan waktu yang terbatas.

Dari berbagai kondisi diatas tersebut maka sebuah ide usaha kreatif dan unik berupa jasa kebersihan panggilan akan sangat dibutuhkan. Kegiatan membersihkan rumah akan menjadi sebuah bisnis karena kita dapat mulai merintisnya ketika orang lain sedang mengalami kerepotan untuk membereskan rumahnya. Tinggal persiapkan saja semua perlengkapan serta membuat beberapa paket layanan kebersihan rumah yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan kita.

4. Usaha Penjaga Keamanan Rumah

Setiap menjelang akhir tahun atau tradisi mudik saat lebaran menjadikan sebagian dari masyarakat yang tinggal di kota besar pulang ke kampung halaman, atau berlibur keluar kota. Terkadang ada sebagian masyarakat berlibur dengan keadaan kurang tenang karena masih memikirkan keamanan rumah yang ditinggalkan dalam waktu cukup lama. Fenomena seperti ini membuka peluang usaha kreatif berupa jasa penjaga keamanan rumah untuk menjaga keamanan rumah yang mereka tinggalkan untuk sementara waktu.

Anda dapat menyediakan jasa keamanan rumah ini dengan beberapa cara yang berbeda, yaitu jasa keamanan yang memanfaatkan teknologi CCTV dan alarm sehingga Anda dan pemilik rumah bisa memantau keadaan di dalam dan lingkungan rumah dari jarak jauh, atau dengan menyediakan jasa keamanan dengan menempatkan orang yang bertugas mengamankan sebuah rumah atau bangunan. Kita bisa menyesuaikan dan menawarkan jenis jasa keamanan rumah seperti apa yang paling dibutuhkan calon pelanggan.

5. Usaha Penitipan Hewan Peliharaan

Ide usaha kreatif selanjutnya adalah penitipan hewan peliharaan, ide bisnis ini bisa dilakukan dalam kemasan yang sama dengan ide keempat diatas untuk menjawab kerisauan para pemilik rumah yang berlibur atau mudik keluar daerah. Karena selain keamanan ternyata hewan peliharaan yang akan mereka tinggalkan juga seringkali menjadi masalah tersendiri ketika mereka meninggalkan rumah untuk waktu lama. Karena itu jasa penitipan hewan peliharaan merupakan sebuah ide usaha kreatif yang pasti akan mereka butuhkan supaya bisa berlibur dengan nyaman karena peliharaan kesayangan mereka telah ada yang mengurus dengan baik.

Untuk dapat menjalankan bisnis jasa penitipan hewan peliharaan ini Anda mungkin akan membutuhkan lahan yang cukup luas untuk menampung hewan peliharaan yang dititipkan. Karena hobi setiap orang berbeda, maka sediakan jasa penitipan untuk hewan peliharaan yang tidak terbatas pada anjing serta kucing saja, tapi juga dapat melayani jenis hewan lain seperti kelinci, reptil, ikan serta unggas.

Dapat kita buktikan bahwa ada begitu banyak ide usaha kreatif yang unik  tersedia diluar sana dan ada beberapa yang sudah menjalankan telah terbukti sukses. Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk memulai usaha tidak harus berupa jenis yang umum seperti usaha kuliner yang telah dijalankan banyak orang. Ide usaha kreatif dan unik merupakan sebuah bisnis dengan sedikit persaingan sehingga Anda dapat meraih keberhasilan dengan peluang yang lebih besar dibandingkan bisnis lainnya. Ternyata ada beragan jenis usaha sebagai bentuk cara agar tidak kekurangan uang ya.

Posting Komentar

0 Komentar