11 Strategi Pemasaran Efektif Untuk Menarik Pembeli

Daftar isi [Tampil]

Setiap jenis usaha apapun tentunya memiliki strategi pemasaran efektif untuk menarik pembeli, dan pastinya akan begitu banyak serta bervariasi tergantung dari produk yang ditawarkan juga gaya setiap tenaga marketing. Sekalipun ada banyak cara marketing untuk menarik konsumen, namun faktanya tidak semua orang dapat melakukan dengan baik.

Cara Marketing Efektif Yang Menarik Konsumen

Jika Anda mencari tutorial tentang marketing, ada cukup banyak buku dan konten yang dibuat oleh orang yang berbeda latar belakang usahanya. Dengan begitu sekalipun telah membaca banyak buku dan petunjuk cara marketing, mungkin Anda juga belum tentu bisa mengambil manfaat dari berbagai tips marketing tersebut. Berikut ini ada 11 strategi pemasaran efektif untuk menarik pembeli berupa garis besarn sehingga bisa diterapkan dalam berbagai jenis usaha oleh siapapun.

Strategi Pemasaran Efektif Untuk Menarik Pembeli

1. Mengetahui Karakter Pembeli Anda

Mengetahui karakter para calon pembeli adalah sebuah awal baik yang menjadi langkah penting pada proses penjualan. Semakin banyak informasi yang bisa didapatkan dari calon pembeli Anda, maka akan semakin mempermudah untuk sampai pada tahap penjualan.

2. Melakukan Observasi Area Penjualan

Ketika karakter para calon konsumen telah Anda ketahui, tahap berikutnya adalah melakukan observasi di area pemasaran untuk mengetahui peluang usaha yang muncul dan potensial akibat dari perubahan kondisi global. Biasanya kondisi tersebut akan memunculkan trend berupa produk baru di area pemasaran Anda. Kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara rutin dan berkelanjutan, karena dengan melakukan hal tersebut maka Anda juga akan mendapatkan informasi tentang produk serta layanan dari kompetitor melalui para konsumen loyal Anda.

3. Menyediakan Produk dan Jasa Yang Memang Dibutuhkan

Menciptakan maupun mengemas sebuah produk adalah hal penting yang dilakukan oleh seorang pengusaha, selanjutnya adalah memperkenalkan produk tersebut supaya sesuai dengan yang pasar inginkan. Ketika rencana pemasaran telah dibuat, maka pastikan produk atau jasa Anda tersebut telah sesuai dengan yang para konsumen inginkan. Buatlah kemasan produk yang menarik dan mampu memikat para konsumen untuk membeli dan menggunakan.

4. Bekerja Dengan Bersahabat dan Membantu

Jika Anda pernah mendengar istilah bahwa pembeli merupakan seorang raja maka inilah yang memang akan kita lakukan. Setiap kegiatan dalam menjalankan sebuah usaha adalah sama penting dengan saat memposisikan diri kita sendiri sebagai calon pembeli, selalu utamakan serta melakukan pengiriman cepat, layani para pengunjung dengan sopan, berikan senyuman, berikan bonus walaupun sederhana dan jaga rasa nyaman mereka supaya pelanggan loyal pada usaha Anda.

5. Buat Iklan Tertarget dan Komunikatif Pada Calon Pembeli

Menawarkan produk make up di sebuah group otomotif tentunya bukan langkah yang tepat, karena itu membuat kemudian memasang iklan saja tidak cukup untuk mendapatkan perhatian dari calon pembeli. Setiap orang selalu menerima penawaran berupa iklan setiap hari dalam hidup mereka, karena itu kemaslah iklan supaya tampil dengan lebih menarik dan tepat sasaran untuk menarik perhatian setiap orang yang melihatnya. Ciptakan iklan anda dengan muatan emosional serta argumen rasional dalam menyampaikan penjualan anda, berikan alasan kenapa setiap orang butuh dan harus membeli produk Anda.

6. Berinvestasi Dalam Tim Anda

Dalam senuah usaha mungkin Anda tidak bekerja sendirian, bahkan apabila usaha Anda kemudian besar dengan banyak konsumen sudah tentu akan memerlukan karyawan. Di saat itu maka staf dan karyawan akan menjadi salah satu aset penting yang Anda miliki, sehingga penting untuk memberikan mereka motivasi dan keahlian dalam menjalankan pekerjaan. Berikan mereka sumber daya yang dibutuhkan dan pastikan mereka memahami tanggung jawab pada pekerjaan yang diberikan. Ketika seluruh karyawan bisa bekerja sama sebagai sebuah tim yang kompak dan dapat diandalkan, selanjutnya bisnis Anda akan lebih meningkat.

7. Menjaga Penampilan Tempat Usaha

Penampilan sebuah tempat usaha metupakan kesan pertama yang mencerminkan keseluruhan kondisi usaha Anda, karena itu jadikan pelanggan anda merasa nyaman ketika berada di tempat Anda. Bayangkan jika kantor atau toko Anda tidak teratur bahkan terlihat berantakan, tentu orang akan memiliki penilaian yang tidak baik terhadap perusahaan, gudang, dan sistem Anda. Bisa saja para pengunjung akan berpikir jika bahwa sistem dan lainnya sama saja dengan penampilan kantor atau toko Anda. Tampilan sebuah tempat usaha adalah strategi pemasaran efektif untuk menarik pembeli sebagai kesan pertama kali.

8. Mempunyai Strategi Harga Penjualan

Ketika menentukan harga jual jangan sekedar menetapkan harga berdasarkan biaya produksi yang ditambah dengan margin. Penentuan harga jual yang tepat menjadi hal yang sangat kuat pada usaha anda, karena harga merupakan bagian terbesar yang sangat menentukan dalam strategi pemasaran, jadi utamakan untuk memperhatikan hal ini ketika menyusun marketing plan.

Menjual dengan harga murah tidak selalu menjadi strategi pemasaran efektif untuk menarik pembeli, karena itu buatlah komposisi yang sesuai dan berikan nilai lebih serta alasan jelas bagi konsumen kenapa harus memilih produk Anda pada saat harga yang Anda berikan lebih tinggi dibandingkan kompetitor yang menjual produk serupa.

9. Berikan Tanggapan Komplain Secara Baik

Kita wajib memberikan kepuasan kepada para pelanggan kita, namun mungkin ada saatnya tidak selalu pelanggan kita merasa puas, bahkan bisa saja pelanggan yang sudah loyal sekalipun bukan berarti tidak akan pernah komplain. Tidak masalah jika hal tersebut kemudian terjadi, yang terpenting selalu berikan tanggapan yang baik terhadap setiap komplain secara baik dan cepat, karena jika komplain pelanggan tidak cepat ditangani dengan baik, bisa saja citra perusahaan Anda akan turun karena kepuasan pelanggan adalah kunci pemasaran Anda.

10. Menyusun Rencana Pemasaran

Buatlah sebuah rencana pemasaran dalam bentuk yang mudah dipahami oleh tim Anda, dan pastikan kalau semua anggota dalam tim bisa memahami bagaimana arah laju perusahaan. Jadikan rencana pemasaran tersebut dalam bentuk dokumen yang merupakan hasil dari penelitian yang meliputi semua aspek penting produk dalam perusahaan Anda.

11. Manfaatkan Pemasaran Online

Telah menjadi sebuah keharusan bahwa saat ini semua jenis usaha apapun baik mulai dari usaha rumahan sekalipun, wajib untuk memiliki identitas secara online sekalipun hanya sebatas social media seperti Fanpage, akun Instagram, toko online hingga marketplace. Saat ini membangun brand dan melakukan pemasaran secara online sangat mudah dilakukan, bahkan ketika Anda merasa gaptek maka sudah ada begitu banyak tutorial yang bisa diperoleh dengan mudah di internet.

Berikut diatas 11 strategi pemasaran efektif untuk menarik pembeli yang diharapkan dapat membantu memberikan panduan bagi Anda dalam mencapai target penjualan namun tetap mampu menjaga kepuasan pelanggan.

Posting Komentar

0 Komentar