4 Tips Sukses Membuka Usaha, Buat Anda Seorang Pemula!

Daftar isi [Tampil]

Sukses membuka usaha tentu merupakan sebuah target yang direncanakan oleh semua pelaku bisnis. Namun sekalipun Meski Anda belum mempunyai pengalaman dalam berwirausaha, jangan kemudian menjadi ragu untuk memulai. Perlu diketahui bahwa hampir seluruh pelaku bisnis yang saat ini sukses, dulu juga pernah seperti Anda yang ingin memulai segalanya dari nol. Ada yang memulai bisnisnya berupa dari ide peluang usaha menjelang mudik lebaran.

Selama dalam menjalankan usaha, tentu ada cukup banyak susah senang yang datang silih berganti, ada kalanya seorang pengusaha tidak mampu ketika ada rintangan yang menjadikan mereka kemudian menyerah. Sebaliknya ada juga pengusaha yang sukses dalam meraih keuntungan besar, namun kemudian tergoda menggunakan keuntungan usaha tersebut untuk memperoleh segala kesenangan, akhirnya semua hal yang telah dia bangun dari awal tidak bisa dipertahankan serta berakhir dengan kebangkrutan.

sukses membuka usaha

Photo by https://xframe.io

Cara Sukses Membuka Usaha Bagi Pemula

Untuk Anda yang memiliki rencana untuk merintis sebuah usaha, berikut beberapa tips sukses membuka usaha yang dapat menjadi panduan bagi para pemula.

1. Tentukan Jenis Usaha yang Akan Dijalankan

Sebelum Anda mulai membuka usaha, tentunya sangat perlu menentukan lebih dahulu jenis usaha apa yang ingin dijalankan, apakah berupa usaha kuliner, pakaian, make up, dan lain sebagainya. Perhitungkan juga kemudahan dalam memperoleh stok barang dagangan, apakah supplier bisa secara rutin mengirimkan barang dagangan kepada Anda serta model yang selalu up to date.

Selain itu juga perlu menentukan bagaimana nantinya pemasaran dan penjualan akan dilakukan, apakah akan dengan transaksi langsung atau secara online. Tidak perlu tergesa-gesa untuk segera memulainya apabila Anda masih belum bisa memastikan jenis usaha serta konsep penjualan yang akan Anda terapkan.

2. Tentukan Target Pemasaran

Menentukan target pemasaran selanjutnya menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Lakukan riset untuk menentukan siapa saja yang akan menjadi pembeli nantinya, mulai dari jenis kelamin, rentang usia seperti anak-anak, orang dewasa, atau orang tua.

Penentuan target pemasaran ini sangat menentukan metode penjualan nantinya, karena tentu tidak mungkin menggunakan startegi marketing berbasis teknologi jika segmen pasarnya adalah orang tua.

3. Fokus Dengan Satu Peluang Usaha

Mungkin ada sebagian orang yang mampu untuk mengembangkan beberapa jenis usaha dalam waktu yang bersamaan. Akan tetapi bagi seorang pemula akan lebih baik kalau hanya fokus dengan satu usaha dahulu, dengan demikian segenap ide dan pemikiran Anda ketika mengembangkan usaha akan lebih terarah dan tidak akan banyak terbagi. Karena itu sekalipun ada beragam ide bisnis, namun lebih baik fokus saja dalam satu bisnis dulu saja.

4. Tetap Menerapkan Gaya Hidup Sederhana

Ketika usaha sudah berjalan dan mendatangkan keuntungan tetap, tidak jarang kemudian menjadikan seseorang tergoda untuk meningkatkan gaya hidup mereka. Namun jika Anda sungguh ingin sukses membuka usaha dan menjalankan usaha seterusnya hingga besar, maka tunda semua pikiran tentang keindahan menjadi seorang pengusaha, seperti rumah mewah, mobil mewah, dan barang-barang mahal lain nya. Tetaplah hidup sederhana, dengan selalu berpikir bahwa Anda adalah pengusaha pemula sehingga Anda akan menikmati proses menuju sukses dan segala impian itu akan datang nanti pada waktunya.

Berikut diatas beberapa tips untuk Anda yang ingin sukses membuka usaha sebagai seorang pemula. Dalam menjalankan sebuah usaha membutuhkan komitmen dan kedisiplinan, hal ini karena semua keputusan dan arah dari usaha ditentukan oleh Anda sendiri. Karena itu jangan sampai salah dalam mengambil keputusan ketika menjalankan usaha yang akan Anda kelola, sehingga akan terhindar dari kerugian besar.

Ketika target penjualan tidak tercapai, segera lakukan review terhadap semua keputusan yang telah Anda ambil sebelumnya. Urai satu persatu faktor yang mempengaruhi penjualan Anda, mulai dari daya beli pasar, harga yang Anda tentukan hingga kualitas layanan yang Anda berikan kepada konsumen.

Kesimpulan

Memulai usaha bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak terbatas usia bahkan bagi yang masih tergolong muda sekalipun. Justru sekarang ini ada banyak pengusaha muda yang telah berhasil di puncak kesuksesan dari usaha yang dijalankannya. Tentu saja hal ini bukan sekadar keberuntungan saja, namun ada kerja keras yang ditambah dengan penerapan strategi yang tepat dalam membidik market, seperti halnya mendapatkan supplier online untuk usaha Anda.

Posting Komentar

0 Komentar