7 Cara Memilih Lokasi Tempat Usaha! Apa Saja Pertimbangannya?

Daftar isi [Tampil]

Pada artikel kali ini kami bakal mengupas mengenai cara memilih lokasi tempat usaha yg strategis. Pastikan Anda mencermati artikel ini sampai akhir, dikarenakan tips-tips ini bakal sangat berguna bagi Anda & tips terhadap poin terakhir biasanya jarang diketahui / jarang dipraktekkan oleh para pebisnis lain. Jadi, simak tetap artikel ini sampai akhir.

Bagi Anda yg ingin memulai / merintis suatu usaha pastinya Anda bakal berpikir bagaimana mendapatkan tempat/lokasi usaha yg strategis. Dalam merintis suatu usaha tersebut pastiya banyak sekali pertimbangan dalam menentukan suatu tempat usaha agar dagangan / barang Anda laris terjual.

cara memilih lokasi tempat usaha

Bagaimana cara memilih lokasi tempat usaha yg strategis?

Suatu lokasi usaha / tempat usaha yg strategis perihal itu sangatlah mempengaruhi usaha Anda. Berikut ini ada beberapa tips bagi Anda, dalam perihal memilih lokasi usaha yg strategis:

1. Gampang terlihat

Tips yg pertama dalam memilih lokasi usaha yg strategis merupakan bersama melacak tempat yg mudah kelihatan oleh banyak orang. Jika Anda berencana merintis suatu bisnis ritel, apalagi distro fashion / barang makanan, pastinya membutuhkan lokasi yg sangat strategis serta mudah dilihat oleh orang banyak buat memudahkan & menarik para konsumen serta mampu meminalisir biaya promosi.

2. Dekat bersama lalu lintas orang / kendaraan

Tips selanjutnya yakni bersama memilih arus lalu lalang orang / kendaraan, dikarenakan bersama memilih lokasi yg banyak orang yg berlalu lalang, bakal menambah peluang buat datangnya pengunjung.

Sedikit berbeda bersama jenis usaha yg memang membutuhkan lokasi yg tenang layaknya praktik dokter hewan / tes psikologi, tentunya justru harus menghindari kebisingan.

3. Dekat bersama target pasar.

Tips berikutnya dalam memilih suatu lokasi yg strategis yakni bersama memastikan siapa target pasar barang Anda, apakah target Anda perihal itu buat dikalangan tertentu, umur tertentu / mungkin terhadap kalangan kalangan lain.

Jika Anda dekat bersama target pasar Anda, maka perihal itu mampu jadi nilai tambah bagi toko Anda, dikarenakan Anda mampu menjangkau market kian dekat agak pelanggan / konsumen kian mudah buat mengunjungi toko / usaha Anda. Karena, bagi pelanggan, perihal hal itu mampu menghemat waktu serta biaya bagi mereka.

4. Gampang Diakses

Anda harus perhatikan arus lalu lintas, apakah 1 arah / 2 arah & apakah letak toko Anda ada terhadap sisi arah orang berangkat / pulang terhadap aktivitasnya & pikirkan termasuk bagaimana caranya agar konsumen / pelanggan mudah mengakses ke toko Anda. Jika toko Anda berada terhadap pusat kota, tapi buat mengaksesnya harus mengambil jalan memutar beberapa kali, maka Anda harus melacak lokasi lain yg kian mudah diakses.

5. Harga Sewa Sesuai

Suatu lokasi tempat usaha yg strategis biasanya mempunyai harga sewa yg tinggi, nah cara yg selanjutnya dalam memilih lokasi usaha yg strategis ini merupakan bersama memperhatikan biaya sewanya. Meskipun harga sewanya mahal, tapi bila berpotensi mendatakangkan pengunjung kian banyak ke toko Anda & mampu mendatangkan keuntungan berlipat, kenapa gak diambil?

Daripada harga sewanya murah, tapi tak ada yg mengunjungi, kan malah rugi. Toh biaya yg bakal Anda keluarkan nantinya perlahan-lahan bakal tergantikan bersama keuntungan yg Anda peroleh bukan?

Tetapi bila budget Anda tak mampu membayar biaya sewa tempat yg mahal tersebut, maka silahkan Anda sesuaikan bersama budget Anda & sebisa mungkin cari tempat yg biaya sewanya tak sangat tinggi namun tetap berpotensi mendatangkan pengunjung yg lumayan banyak meskipun tak seramai terhadap tempat paling strategis / yg biaya sewanya mahal. Dan jangan sampai, Anda membayar biaya sewa yg mahal tetapi ternyata tempat tersebut tak ramai pengunjung.

Lokasi sangat menentukan biaya sewa, bila Anda menemukan peluang usaha di desa tentunya biaya sewa tempat tak mahal layaknya terhadap kota.

6. Legalitas

Tips yg selanjutnya dalam memilih suatu lokasi usaha yg strategis merupakan Anda harus memperhatikan segi legalitas lokasi usaha. Jangan sampai Anda mengabaikan perihal ini dikarenakan sangat berisiko apabila kami telah memutuskan buat memilih suatu lokasi tetapi terhadap kemudian hari ada masalah dalam perihal perijinan, regulasi kawasan serta lingkungan yg ada terhadap sekitar.

7. Lingkungan sekitar

Dalam memilih lokasi tempat usaha yg strategis faktor lingkungan sekitar sangat harus diperhatikan. Karena jenis usaha yg bakal kami jalani, terhadap kanan maupun terhadap kiri toko kami bakal dikit berpengaruh terhadap image & bersama cara tak langsung bakal mempengaruhi minat kunjungan pelanggan.

Sebagai contohya, bila Anda hendak membuka usaha distro, bakal kian baik / kian cocok terhadap berada terhadap deretan usaha warnet, game, café & jangan memaksakan buat mendirikan distro tersebut berada dekat bersama bengkel, / toko bangunan / pun tempat yg tak cocok lainnya.

8. Tidak sangat banyak pesaing

Jika terhadap lokasi tersebut telah banyak usaha yg sejenis bersama usaha Anda, sebaiknya lokasi ini dihindari. Namun bila Anda yakin dikarenakan posisinya lokasi usaha Anda perihal itu sangat strategis, silahkan diambil & Anda harus siap bersaing bersama menciptakan inovasi-inovasi baru yg mampu membedakan usaha Anda bersama usaha lain yg sejenis.

9. Perhatikan tingkat keamanan sekitar lokasi

Lokasi usaha yg aman termasuk menambah kenyamanan para konsumen. Jika lokasinya aman, para konsumen tak bakal ragu buat meninggalkan kendaraan mereka terhadap tempat parkir, & mampu menikmati pelayanan terhadap usaha Anda bersama merasa nyaman. Dengan lingkungan yg aman, Anda mampu mengurangi resiko pencurian maupun perusakan yg mampu saja terjadi terhadap usaha yg berada terhadap lokasi yg kurang aman.

10. Perhatikan kebersihan lokasi usaha

Konsumen tak bakal mengunjungi suatu toko, warung ataupun suatu outlet yg berada terhadap lingkungan kotor / kumuh.

Mereka bakal merasa ragu buat membeli barang terhadap toko Anda. Oleh sebab itu, jagalah kebersihan lingkungan terhadap sekitar lokasi usaha Anda, agar konsumen merasa nyaman berkunjung ke lokasi usaha Anda.

11. Dapatkan keterangan sebanyak-banyaknya mengenai tempat itu

Tips terakhir dalam memilih lokasi tempat usaha & biasanya suka terlewat yaitu, Gali keterangan sebanyak-banyaknya mengenai Tempat Tersebut. Jika Anda hendak mendirikan usaha & berniat menyewa suatu tempat usaha, maka sebisa mungkin Anda cari tahu, siapa penyewa tempat tersebut sebelumnya. Dan gali keterangan sebanyak-banyaknya terhadap orang tersebut. Kenapa  ia sampai tak memperpanjang sewa tempatnya terhadap lokasi tersebut, kendala apa saja yg sering dihadapi terhadap lokasi usaha tersebut, orang-orang layaknya apa yg biasanya lewat terhadap tempat tersebut, & sebagainya.

Atau bila tak ada orang yg menyewa tempat tersebut sebelumnya, silahkan Anda tanya-tanya dahulu ke orang-orang yg senantiasa berada terhadap lokasi tersebut.

Ke toko sebelahnya misalnya. Asalkan jangan tanya ke pesaing Anda nantinya. Karena bila Anda banyak tanya, pasti ditanya balik oleh orang tersebut, tujuannya buat apa? Ya Anda jawab saja bersama jujur, ingin membuka usaha terhadap tempat ini.

Dan jangan lupa, bila ingin mendapatkan keterangan yg amat penting terhadap seseorang, Anda berikan dahulu sesuatu buat orang tersebut. Bisa perihal itu bersifat oleh-oleh makanan khas terhadap daerah Anda / sesuatu yg spesial yg jarang ditemukan oleh orang yg ingin Anda ambil informasinya. Jika orang tersebut merasa senang, maka  ia bakal bersama girang hati memberitahu keterangan apa saja yg Anda butuhkan. Nah itulah beberapa tips buat memilih menentukan tempat lokasi usaha yg strategis. Terlepas terhadap tips tips tersebut, faktor feeling bisnis dikit banyak bakal turut berpengaruh dalam perihal memilih suatu tempat yg bakal Anda jadikan tempat usaha.

Demikianlah pembahasan artikel memilih lokasi tempat usaha kali ini. Terima kasih udah membaca artikel ini sampai akhir.

Ini merupakan artikel bagaimana cara memilih lokasi tempat usaha. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa terhadap artikel selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar