Inilah 5 Cara Menjadi Kaya Sejak Muda, Mau Tahu Bagaimana?

Daftar isi [Tampil]

Cara menjadi kaya sejak muda ini ditujukan kepada para pemuda yang baru saja memulai bekerja dan untuk mereka yang berusia di bawah 40 tahun. Jika Anda tidak termasuk dalam kategori ini, maka tips ini tidak tepat untuk anda. Hal tersebut dikarenakan para anak muda cenderung memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh para seniornya, hal tersebut adalah waktu yang jauh lebih banyak. Apalagi untuk para freelancer yang pasti lebih leluasa mengelola waktu mereka.

Waktu merupakan bagian yang sangat penting untuk menimbun kekayaan. Tidak ada orang yang menjadi kaya raya hanya dalam waktu yang sangat singkat, kecuali dengan memenangkan lotere atau dengan merampok bank. Berikut dibawah merupakan beberapa cara menjadi kaya sejak muda :

Cara menjadi kaya sejak muda

Cara Menjadi Kaya Sejak Muda

Menabung dan Berinvestasi Sejak Awal.

Mulailah untuk menabung dan berinvestasi walaupun dengan nilai yang kecil, misalnya dengan menyimpan uang sebesar 1 juta rupiah saja setiap bulannya secara rutin maka dalam 1 tahun akan ada uang terkumpul sebesar 12 juta rupiah. Jika Anda sudah disiplin menerapkan hal ini sejak berusia 25 tahun, maka ketika masa pensiun nanti uang tersebut nilainya akan menjadi berlipat ganda apalagi telah ditambah dengan bunga dari hasil pengembangan investasi.

Siapkan Dana Pensiun.

Masa pensiun yang masih lama? Apa itu benar? Perjalanan waktu memang tidak berputar secepat cahaya, namun cobalah untuk mengingat-ingat lagi masa-masa ketika masih sekolah dan waktu kuliah Anda yang sepertinya terasa baru kemarin dilalui namun ternyata hal tersebut telah 10 tahun berlalu. Karena itulah tidak ada salahnya kita menyiapkan dana pensiun untuk diri kita sendiri sejak masih dini. Perhitungan idealnya adalah 10-15% dari pendapatan setiap bulan Anda masukkan ke rekening khusus untuk dana pensiun. Atau jika anda bingung memulainya bisa cengan memasukkannya ke dalam deposito dengan bunga tinggi di bank terdekat anda.

Hidup Sederhana.

Gaya hidup merupakan sesuatu yang paling mahal dan membutuhkan uang dalam jumlah yang banyak di kehidupan setiap hari. Silahkan saja jika Anda memang ingin mengikuti gaya hidup mewah karena merasa kurang gaul, namun jangan harap Anda akan dapat memupuk kekayaan. Setiap orang kaya yang kita lihat saat ini hampir semua dari mereka sudah banyak berkorban dalam hidupnya ketika muda. Berkorban untuk hidup sederhana disini memiliki tujuan untuk hidup yang lebih nyaman di masa mendatang. Jadi sekarang tinggal memilih saja, ingin hidup senang dan enak saat ini dengan pensiun yang pas-pasan, atau ingin pas-pasan sekarang lalu hidup enak nantinya? Perlu diingat bahwa tidak ada yang salah dengan sederhana bahkan hidup sederhana dianjurkan semua orang, bahkan diajarkan oleh semua agama.

Jangan Ubah Gaya Hidup.

Jika anda adalah seorang karyawan biasanya akan mengalami kenaikan gaji setiap tahunnya, sedangkan untuk seorang pebisnis biasanya omzetnya akan terus naik jika bisnis tersebut sedang bagus. Jadi sikapi setiap kenaikan gaji dan omzet ini dengan tidak diikuti oleh gaya hidup juga. Jika dulu sering makan di warteg, jangan kemudian setelah naik gaji lalu pindah makan di restoran. Kalau dulu nonton film dengan DVD player dirumah, jangan lalu setelah naik gaji kemudian nonton film di bioskop setiap pekan. Jika tidak begitu maka kenaikan gaji dan omzet Anda tidak akan terkumpul hasilnya. Sebenarnya boleh saja membeli atau melakukan sesuatu yang diinginkan ketika ada kenaikan gaji atau omzet namun yang penting ada sebagian yang bisa masuk ke investasi.

Jangan Biarkan Ada Dana Menganggur.

Dana yang menganggur sebaiknya digunakan. Tapi bukan untuk membeli baju baru, ponsel baru dan mobil baru. Gunakanlah untuk berinvestasi, entah itu dengan emas batangan, reksa dana, saham, obligasi, tanah, perusahaan baru, dan sejenisnya. Namun pastikan semua investasi tersebut aman dan jelas legalitasnya. Dengan begitu maka hasilnya akan terasa dalam beberapa tahun ke depan.

Dengan menerapkan beberapa cara menjadi kaya sejak muda diatas niscaya masa depan anda akan jauh lebih baik daripada kebanyakan anak muda yang hanya mengejar kesenangan di masa mudanya.

Posting Komentar

0 Komentar