8 Cara Bijaksana Menggunakan Kartu Kredit Anda

Daftar isi [Tampil]

Pada saat Anda baru saja diterima bekerja di sebuah perusahaan terkenal sebagai seorang karyawan baru, kemungkinan besar Anda akan sering ditawari fasilitas kartu kredit dari bank payroll yang bekerjsama dengan perusahaan tersebut. Sebenarnya bisa saja Anda menolak atau tidak mengaktifkan kartu kredit tersebut, namun jika Anda sudah memutuskan untuk menggunakannya maka Anda perlu mengetahui cara bijaksana menggunakan kartu kredit sekaligus memahami konsekuensinya.

Setidaknya terdapat 3 alasan utama bagi Anda untuk wajib mengetahui cara bijaksana menggunakan kartu kredit.

  1. Berapapun dana yang Anda gunakan dari kartu kredit adalah hutang yang wajib dilunasi.
  2. Suku bunga bulanan dari penggunaan kartu kredit lebih tinggi dari pinjaman kredit pada umumnya.
  3. Kartu kredit berpotensi menjadikan penggunanya memiliki gaya hidup konsumtif.

Cara Bijaksana Memakai Kartu Kredit

Dari ketiga alasan utama diatas ada berbagai cara yang bisa gunakan dalam menggunakan kartu kredit supaya terhindar dari beragam masalah keuangan yang disebabkan penggunaan kartu kredit yang tidak bijaksana.

cara bijaksana menggunakan kartu kredit

Berikut ini ada 8 cara bagaimana memanfaatkan kartu kredit dengan baik yang dapat Anda lakukan :

1. Pemakaian kartu kredit yang terencana dengan baik

Fitur utama yang dimiliki kartu kredit adalah kemudahan pembayaran sekalipun tidak ada sama sekali di rekening tabungan, namun kemudahan ini bisa menjerumuskan apabila Anda tidak membiasakan diri Anda untuk berbelanja sesuai rencana awal berdasarkan kebutuhan anda.

Dengan menggunakan kartu kredit sesuai dengan rencana maka Anda sudah tahu kemana apa saja daftar belanja Anda sehingga akan mengetahui berapa perkiraan tagihan saat jatuh tempo nantinya. Jika rencana Anda dari rumah Anda membeli Televisi LED dengan kartu kredit yang memang dibutuhkan maka langsung saja menuju toko elektronik dan hanya membeli barang tersebut.

Tetaplah untuk fokus dan konsisten sesuai dengan rencana belanja sejak awal, karena ketika sudah berada di pusat perbelanjaan nantinya akan selalu saja ada produk yang akan menggoda Anda untuk membeli. Misalnya, ada produk sound system yang sedang promo beli satu dapat gratis produk lainnya. Ketika Anda memberikan kesempatan pada pikiran Anda untuk tertarik membeli barang tersebut, maka segeralah ingat kembali rencana belanja Anda sewaktu di rumah dan komitmen dalam menjalankan cara bijaksana menggunakan kartu kredit Anda.

2. Jangan pernah melakukan penarikan kartu kredit secara gesek tunai

Gesek tunai sesungguhnya tidak diperbolehkan oleh bank penerbit kartu kredit, namun entah bagaimana ada banyak merchant yang melayani hal ini. Dan faktanya gesek tunai menjadi salah satu kemudahan kartu kredit yang sering digunakan tanpa semestinya.

Namun jika dalam keadaan sangat terdesak Anda dapat memanfaatkan dengan menarik uang tunai melalui ATM bank terkait walaupun dengan konsekuensi bunga yang lebih besar daripada gesek tunai. Melakukan tarik tunai dari kartu kredit melalui ATM akan dikenai bunga 4-5% per bulan. Tanyakan kepada diri Anda apakah bunga ini akan membebani diri sendiri nantinya dalam membayar tagihan atau tidak nantinya. Bagaimanapun tarik tunai kartu kredit bukan sebuah cara bijaksana menggunakan kartu kredit Anda.

3. Tidak mudah tertarik tawaran merchant

Bank penerbit kartu kredit cukup banyak memiliki kerja sama dengan beberapa merchant, dan biasanya merchant memiliki berbagai cara cerdas agar para pemilik kartu kredit melakukan transaksi di tempat mereka. Terlebih jika Anda menggunakan tagihan kartu kredit berupa print out yang dikirim via kurir ke rumah atau kantor maka seringkali ada brosur yang terselip di dalamnya.

4. Gunakan kartu kredit justru untuk berhemat

Jika Anda sering bepergian keluar daerah baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi maka Anda bisa memanfaatkan kartu kredit untuk melakukan penghematan. Ada cukup banyak promo kartu kredit yang dapat kita manfaatkan sebagai cara bijaksana memakai kartu kredit, diantaranya adalah promo bagi pemegang kartu kredit untuk memanfaatkan fasilitas airport lounge hingga makan gratis di restoran elit yang terdapat di bandara tersebut. Sekalipun mungkin tidak gratis namun paling tidak Anda bisa mendapatkan harga promo dari menu di tempat tersebut. Inilah salah satu pemanfaatan dan cara bijaksana menggunakan kartu kredit yang tepat.

5. Selalu periksa tagihan kartu kredit

Setiap kali Anda menerima tagihan kartu kredit bulanan yang dikirimkan melalui email, alamat kantor atau rumah Anda, maka selalu periksa dengan teliti tagihan tersebut untuk memantau apakah ada transaksi yang mencurigakan atau tidak pernah Anda lakukan. Apabila ternyata menemukan transaksi yang menurut Anda janggal segera hubungi layanan pelanggan kartu kredit tersebut untuk memperoleh informasi transaksi tersebut.

6. Pastikan membayar lunas setiap tagihan bulanan

Sebelum jatuh tempo, pastikan Anda untuk selalu membayar lunas tagihan kartu kredit dan jangan hanya sebagian bahkan cuma minimum pembayaran saja. Apabila hanya dibayar dengan minimum payment maka Anda akan terkena bunga sekitar 2.95% per bulan dari total tagihan awal dan bukan dari sisa tagihan saja. Kalau terbiasa membayar sebagian dari tagihan kartu kredit, maka Anda hanya akan menumpuk tunggakan tagihan pada bulan-bulan selanjutnya. Sebaliknya dengan selalu bayar penuh tagihan kartu kredit maka Anda akan lebih mudah mengatur keuangan untuk keperluan pokok lain tanpa pusing dibebani tunggakan cicilan kartu kredit setiap bulan.

7. Simpan kartu kredit bila tidak dibutuhkan

Kalau Anda merasa sebagai orang yang konsumtif maka sebaiknya simpan saja kartu kredit tersebut di rumah saja. Tidak selalu membawa kartu kredit di dalam dompet akan mengurangi potensi Anda untuk menggunakannya tanpa rencana, selain itu Anda juga akan terhindar dari kehilangan kartu kredit baik karena dompet terjatuh atau bahkan dicopet. Ada cukup banyak kejadian ketika kartu kredit yang hilang tersebut telah dikuras habis karena ditemukan orang yang tidak bertanggung jawab, dan sudah tentu Anda sebagai pemilik yang akan ditagih untuk membayarnya.

8. Batasi kepemilikan maksimal 2 kartu kredit

Pada umumnya ketika seorang pemegang kartu kredit dengan transaksi dan pembayaran yang lancar, maka dengan mudah akan disetujui apabila terdapat tawaran membuka kartu kredit lagi dari bank lain. Jika memang Anda membutuhkannya baik karena limit yang lebih besar atau promo lain seperti gratis biaya iuran tahunan, maka batasi jumlah kartu kredit Anda maksimal dua saja. Biasanya setiap pemegang kartu kredit sudah diberikan 2 buah kartu kredit yang berbeda jenis yaitu Visa dan Mastercard, jadi jika memiliki kartu kredit dari 2 bank maka akan ada 4 kartu kredit yang akan Anda kelola.

Disamping resiko dan tanggung jawab yang harus dipenuhi, ada cukup banyak manfaat jika Anda mampu menjalankan cara bijaksana menggunakan kartu kredit. Beberapa cara diatas bisa Anda manfaatkan agar terbantu untuk memperoleh manfaat terbaik dari kartu kredit Anda. Terlebih jika Anda adalah seorang wirausaha maka penggunaan kartu kredit yang tepat akan sangat membantu usaha Anda. Namun yang terpenting adalah penerapan perencanaan keuangan yang baik sehingga jangan sampai justru kartu kredit menjadikan tagihan Anda membengkak setiap bulannya.

Posting Komentar

0 Komentar