10 Strategi Membuka Usaha Kuliner Untuk Jangka Panjang

Daftar isi [Tampil]

Dari beragam jenis usaha yang dijalankan banyak pengusaha di berbagai wilayah dimanapun, maka kuliner merupakan sebuah sektor yang selalu ada dan tidak pernah berakhir. Ada begitu banyak orang yang tertarik untuk menekuni jenis usaha ini sekalipun kuliner merupakan bisnis yang tergolong rentan mengalami gulung tikar. Oleh sebab itu apabila Anda saat ini juga berencana membuka atau justru sudah mulai menjalankan bisnis di bidang makanan ini maka wajib mempunyai membuka usaha kuliner yang berbeda daripada umumnya, sehingga usaha kuliner yang Anda jalankan mampu bersaing dan terus bertahan untuk jangka panjang.

Selain resiko yang cukup tinggi, namun sebenarnya kuliner merupakan jenis usaha yang cepat dan mudah untuk mendapatkan keuntungan, karena itu seharusnya usaha ini dapat memperoleh keuntungan atau setidaknya kembali modal dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

Bagaimana peluang membuka usaha kuliner ?

Mengolah makanan merupakan salah satu kemampuan dasar yang dipunyai oleh banyak orang, hal ini menjadikan banyak sekali orang kemudian menjadikan usaha kuliner sebagai pilihan untuk mencari nafkah. Sepertinya memang terlihat mudah karena hanya melakukan aktivitas memasak dan calon konsumen yang selalu tersedia, terlebih apabila ada di lokasi yang cukup strategis seperti tempat wisata, kawasan perusahaan, atau area kost.

Dibalik semua hal tersebut diatas sesungguhnya memulai usaha kuliner tidak gampang seperti yang terlihat. Dunia usaha kuliner memiliki banyak pemain di dalamnya yang kemudian mengharuskan kita untuk memiliki strategi dan beberapa pengetahuan supaya bisnis kuliner yang akan kita jalankan nanti tidak berakhir dengan kebangkrutan.

Strategi Membuka Usaha Kuliner

Dibawah ini adalah 10 strategi membuka usaha kuliner yang dapat Anda jadikan sebagai referensi ketika akan mencoba menekuni bidang usaha tersebut.

1. Pilih jenis makanan yang dikuasai

Setiap orang pasti memiliki daftar deretan makanan yang paling disukai, dan karena usaha kuliner merupakan usaha yang menjual produk makanan maka pilihlah jenis makanan yang paling Anda ketahui dan kuasai resepnya begitu pula bagaimana cara untuk membuatnya. Jika Anda suka Soto maka cari tahu dan pelajari bagaimana membuatnya mulai dari yang mudah hingga yang sulit, kemudian lakukan inovasi sehingga Soto buatan Anda memiliki citarasa serta tampilan unik dan berbeda dibanding pedagang lainnya. Dengan begitu maka warung Soto Anda menjadi usaha kuliner yang selalu laris sepanjang masa.

2. Lakukan observasi pasar

Lokasi usaha serta kompetitor merupakan faktor utama yang wajib diperhatikan untuk memperkirakan potensi bisnis kuliner. Ketika memutuskan untuk membuka usaha kuliner maka sebelumnya harus lebih dulu melakukan observasi di beberapa lokasi yang menjadi salah satu tahap krusial sebelum menggelar dagangan. Kumpulkan informasi lengkap terkait jenis makanan apa saja yang belum ada di sekitar lokasi yang direncanakan dan perhitungkan jumlah kompetitor yang sudah ada. Perhatikan jenis makanan seperti apa saja yang diminati di lokasi tersebut serta kelompok usia pembeli yang ada.

3. Tawarkan menu yang tidak sama

Apabila pada lokasi rencana Anda membuka usaha kuliner tersebut telah ada kompetitor lain, maka tugas Anda adalah menciptakan beberapa inovasi menu makanan yang berbeda. Apabila warung kompetitor sudah menyediakan Ayam Bakar, maka cobalah untuk menciptakan menu lain yang berbeda atau dengan melakukan modifikasi dari menu yang sama seperti Sea Food Bakar atau Ikan Bakar. Sajian berbeda yang Anda tawarkan merupakan sesuatu yang unik dan akan membuat orang menjadi penasaran untuk mencobanya.

4. Bandingkan harga jual pedagang lain

Bersaing dalam harga bukanlah hal yang bijaksana dalam berbisnis karena justru akan menghancurkan semua peluang dan kondisi pasar. Karena itu dapatkan informasi harga yang dipatok oleh pedagang lain dan tampilah dengan harga yang sedikit menarik untuk pelanggan dengan memberikan kualitas baik juga.

Kualitas produk yang baik dengan harga yang tidak jauh berbeda dari penjual lain akan memberikan kesan pertama akan sangat diingat oleh pelanggan dan akan diceritakan kepada rekan atau keluarga mereka. Popularitas dari usaha kuliner sangat cepat tersebar melalui kabar yang disampaikan dari mulut ke mulut berdasarkan pengalaman para pembeli yang pernah mencoba makan di warung Anda. Karena itu memberikan kesan pertama yang terbaik kepada pembeli adalah strategi jitu membuka usaha kuliner yang begitu penting untuk dilakukan.

5. Bersikap ramah pada para pengunjung

Siapapun akan senang jika dilayani dengan ramah ketika sedang berbelanja, begitu pula sikap ramah kepada setiap pengunjung adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan karena akan membuat mereka merasa betah dan memberikan pengalaman terbaik di tempat Anda. Jika Anda memiliki karyawan dalam menjalankan usaha kuliner maka pastikan untuk melatih karyawan supaya selalu bersikap ramah terhadap semua pelanggan.

6. Perhatikan selera pembeli

Sekalipun menikmati makanan yang sama namun setiap pelanggan mempunyai cara menikmati yang tidak sama. Pada saat Anda menyajikan makanan, selalu perhatikan pesanan dari pelanggan setia ketika mereka memesan dari daftar menu, misalnya ada yang pesan menu tidak terlalu pedas atau minuman tidak terlalu manis.

7. Selalu menjaga kebersihan

Kebersihan dan kerapian tempat usaha adalah hal penting dalam setiap bisnis apapun, terlebih pada sebuah usaha kuliner maka faktor kebersihan menjadi sebuah kriteria penilaian utama bagi pelanggan. Kebersihan akan menetukan pelanggan apakah merasa nyaman atau tidak ketika sedang menikmati menu yang Anda sajikan. Bayangkan jika sebuah tempat usaha tidak bersih dari sesuatu yang kotor seperti sampah atau bahkan lalat.

8. Meningkatan kapasitas usaha

Apabila jumlah pelanggan yang berkunjung semakin banyak, maka meningkatkan volume layanan sudah waktunya untuk Anda lakukan. Lihatlah bagian mana saja yang sudah mulai kewalahan dan perlu ditingkatkan seperti menambah jumlah karyawan atau dengan memperluas tempat usaha kuliner supaya kualitas layanan terhadap konsumen selalu terjaga.

9. Jam buka dan tutup yang teratur

Sebuah usaha kuliner seringkali diandalkan oleh banyak orang karena merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yaitu makan. Membuka usaha kuliner yang memiliki jam operasional tetap dan pasti akan memberikan kepastian pada para pelanggan untuk berkunjung. Secara tidak langsung jam buka yang teratur dan dapat dipastikan mampu mendatangkan jumlah pelanggan tetap karena jam buka dan jam tutup usaha kuliner anda yang pasti dan tidak membingungkan pelanggan.

Bayangkan ketika ada sekelompok pelanggan di sebuah kantor yang memiliki rencana untuk makan bersama di tempat Anda namun ternyata tutup ketika mereka datang, tentunya lain waktu mereka akan berpikir dua kali untuk memutuskan menjadikan tempat Anda sebagai pilihan makan siang mereka.

10. Membuat promosi yang menarik dan informatif

Sebuah strategi pemasaran yang efektif menjadi langkah penting dalam memperkenalkan usaha kepada publik. Tanpa adanya promosi maka tidak akan ada orang yang tahu tentang usaha Anda, walaupun kualitas pelayanan dan produk Anda berkualitas.

Promosi menjadi sebuah kekuatan penting sebagai strategi membuka usaha kuliner yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, terlebih saat ini promosi dapat dijalankan secara mudah bahkan murah. Buatlah promosi lalu sebarkan melalui social media seperti Facebook, WhatsApp atau melalui website / blog sederhana. Sediakan juga fanpage sebagai media untuk update menu terbaru serta sarana berinteraksi dengan pelanggan Anda.

Meskipun Anda telah memiliki sebuah usaha kuliner yang sudah berjalan dan mempunyai banyak pelanggan tetap, jangan pernah berhenti untuk mempelajari serta mengamati setiap kegiatan usaha kuliner dimana saja lalu jadikan ide untuk meningkatkan kualitas layanan juga melakukan inovasi.

Posting Komentar

0 Komentar