6 Peluang Usaha Kuliner Terlaris Sepanjang Masa, Apa Saja?

Daftar isi [Tampil]

Dari berbagai jenis usaha, maka bisa dibilang bahwa usaha makanan tidak pernah lekang oleh waktu sekalipun sudah banyak yang berkecimpung didalamnya. Namun perlu dipahami bahwa bisnis kuliner merupakan jenis usaha dengan tingkat persaingan yang semakin ketat serta memiliki resiko yang cukup besar karena terkait dengan bahan makanan yang mudah berubah rasa, bentuk dan warna jika tidak segera habis terjual. Karena itu jika Anda ingin mencoba terjun kedalam sektor usaha makanan, maka perlu untuk mengetahui beberapa jenis peluang usaha kuliner terlaris sehingga selain menguntungkan juga dapat mengurangi resiko turunnya kualitas produk makanan yang disebabkan penyimpanan.

Beberapa persiapan sebelum memulai peluang usaha kuliner

Sebelum memulai usaha makanan, ada cukup banyak persiapan yang perlu dilakukan. Beberapa persiapan yang dapat Anda lakukan diantaranya sebagai berikut :

Memperhitungkan Modal

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap usaha memang memerlukan modal yang cukup untuk memulainya, hal ini juga berlaku pada bisnis makanan. Persiapkan modal yang cukup untuk memperoleh bahan dasar serta peralatan yang dibutuhkan. Dalam tahapan ini Anda harus bijak bahwa tidak perlu semuanya harus dibeli dan dalam kondisi baru, karena tentunya sebagian peralatan pasti sudah Anda miliki seperti kompor dan perabotan rumah tangga lain dan juga meubel meja kursi dan sejenisnya. Sebisa mungkin usahakan jangan terlalu banyak mengeluarkan uang untuk modal usaha, terlebih hindari mencari tambahan modal dengan cara meminjam di bank.

Cek dan survey lokasi

Berikutnya, hal yang juga sangat penting untuk dilakukan adalah survey lokasi tempat usaha nantinya. Temukan lokasi strategis yang dilalui banyak orang,  tidak harus berada di pinggir jalan, dekat sekolah atau di pasar, namun yang terpenting mudah dilihat dan dijangkau oleh banyak orang. Dengan begitu maka para calon pembeli akan dengan mudah menemukan usaha Anda.

Jika memungkinkan gunakan lahan di rumah Anda sendiri, misalkan masih ada pekarangan yang bisa digunakan atau memanfaatkan ruang atau teras untuk memulai usaha rumahan yang menjanjikan.

Rasa yang disukai banyak orang

Soal rasa adalah hal yang relatif bagi setiap orang namun merupakan faktor utama dalam usaha makanan. Karena itu menciptakan rasa yang disukai oleh banyak orang merupakan pekerjaan menarik yang akan menentukan kepuasan dan ciri khas dari usaha Anda nantinya. Jika Anda ingin menggarap peluang usaha kuliner terlaris maka kemampuan menyajikan rasa yang berbeda namun disukai banyak orang, adalah sebuah hal yang perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Harga bersahabat

Menetapkan harga pokok penjualan bisa dilakukan dengan berdasarkan modal produksi, selanjutnya sesuaikan dengan kemampuan beli para konsumen. Tetapkan harga yang bersahabat, sehingga terjangkau oleh banyak orang namun sudah cukup untuk biaya opersional dan memperoleh keuntungan yang sesuai.

Kualitas Layanan

Bagaimana seorang penjual melayani akan memberikan pengalaman kepada para pembelinya, tidak jarang pembeli lebih memilih penjual yang ramah, sopan, dan cekatan sekalipun harganya lebih mahal daripada warung lain yang menjual produk sama.

Promosi

Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara baik dengan cara membuat brosur, hingga memasarkan di media sosial. Namun yang perlu Anda lakukan adalah memasang identitas usaha Anda sekalipun hanya sebuah banner kecil di depan tempat usaha Anda supaya para calon pembeli mudah menemukan. Buatlah promosi yang menarik sehingga mewakili produk anda sebagai peluang usaha kuliner terlaris.

peluang usaha kuliner terlaris

Photo by https://pixabay.com

Beberapa Jenis Peluang Usaha Kuliner Terlaris

Ada berbagai jenis usaha makanan yang datang dan pergi selama ini, baik jenis usaha makanan dengan menu umum sampai jenis menu yang kekinian. Namun secara umum yang menjadikan sebuah usaha kuliner mampu bertahan dalam persaingan adalah suksesnya meracik dan berkreasi dengan rasa. Menciptakan menu makanan yang biasa  dijual pada umumnya dengan rasa yang unik namun disukai banyak orang memang tidak mudah namun akan menjadikan dagangan Anda laris manis.

Berikut ini beberapa jenis usaha kuliner yang mampu bertahan dari masa ke masa.

1. Nasi Goreng

Usaha berjualan nasi goreng ini memang terbilang cukup ketat persaingannya sejak lama namun sebenarnya bisnis kuliner ini masih sangat terbuka jika Anda tahu celahnya. Bagaimanapun nasi goreng merupakan menu yang sangat digemari banyak orang, karena itu apabila Anda mampu membuat menu nasi goreng yang unik dan istimewa sehingga berbeda dari nasi goreng pada umumnya maka para calon pembeli akan tertarik untuk membelinya.

Ada beberapa inovasi yang bisa diberikan pada menu nasi goreng spesial ciptaan Anda diantaranya memberikan campuran unik berupa aneka sea food seperti cumi atau kerang. Lakukan juga eksperimen dengan membuat nasi goreng jamur yang memiliki citarasa dan penampilan yang menggoda. Buatlah menu spesial yang unik dan menarik, serta jarang ada sehingga konsumen akan tertarik untuk mencoba menu makanan di tempat Anda.

2. Bakmi

Bakmi atau mie menjadi salah satu jenis makanan yang banyak terdapat di berbagai tempat dimanapun, wajar saja karena menu ini begitu diminati oleh banyak orang terutama bagi mereka yang ingin kenyang namun bukan dengan nasi. Hal tersebut menjadikan peluang usaha dengan berjualan bakmi dapat menjadi bisnis kuliner yang sangat prospektif asalkan mampu menarik perhatian konsumen dengan ide menciptakan kreasi bakmi unik serta menarik. Jangan hanya menjual menu bakmi dengan rasa dan tampilan yang umum, namun sajikan berbagai bentuk olahan mie goreng atau mie rebus yang inovatif. Bisa juga mencoba menu tambahan berupa kreasi pizza dari mie, atau pastel isi mie, dan lain sebagainya.

3. Soto

Bicara makanan yang bernama Soto ini  sebenarnya tergolong menu yang biasa saja serta sudah begitu banyak orang yang menjualnya. Akan tetapi sebagai peluang usaha kuliner terlaris, soto bisa menjadi sebuah sajian makanan yang istimewa ketika tampil secara unik dan lezat. Karena itu cobalah untuk menciptakan menu soto yang tampil beda, misalnya dengan ada variasi berupa sea food, atau dapat pula soto rendah kalori yang tentu akan disukai bagi orang yang sedang menjalani diet. Ada cukup banyak kreasi soto yang bisa dicoba, terlebih soto merupakan jenis masakan yang sederhan dengan modal yang tidak terlalu tinggi.

4. Fried chicken

Menu makanan sederhana ini cukup digemari oleh banyak orang karena praktis dan tidak butuh banyak cara untuk menikmatinya. Produk olahan makanan dengan bahan dasar daging ayam dan tepung ini cukup banyak ditemukan di berbagai tempat, mulai dari pinggiran jalan dengan gerobak hingga berupa warung makan dan restoran.

Apabila Anda ingin mencoba untuk membuka menu fried chicken ini tentunya akan memiliki persaingan yang tidak sedikit. Karena itu ciptakan menu olahan fried chicken yang berbeda misal dengan rasa pedas, ayam panggang, lada hitam dan lain sebagainya.

5. Produk olahan jamur

Pertanian jamur sangat ini juga sudah cukup menjamur di berbagai tempat, ini membuat harga jamur menjadi cukup murah dan terjangkau. Karena itu jamur dapat Anda jadikan bahan olahan dengan modal yang rendah walaupun jamur memiliki umur simpan yang tidak lama.

Ada cukup banyak jenis olahan jamur mulai dari berupa masakan hingga camilan yang lezat, sehat, dan unik. Tentunya hal ini membuat Anda bebas berkreasi sesuai dengan jenis olahan yang digemari para pembeli nantinya.

Memanfaatkan peluang usaha kuliner terlaris memang membutuhkan kreatifitas karena harus mampu tampil beda dan bersaing dengan para kompetitor lainnya. Namun tentunya hal tersebut menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Anda nantinya. Ketahui juga peluang usaha menjelang puasa dan lebaran yang selalu ada setiap tahun. Selamat berkreasi.

Posting Komentar

0 Komentar