6 Metode Praktis Manajemen Keuangan Anak Muda

Daftar isi [Tampil]

Bagaimana metode mengatur keuangan memang tidak diajarkan secara langsung ketika kita sekolah, namun tanpa sadar bagaimana kita mengelola uang saku untuk jajan adalah sebuah awal pembelajaran tentang bagaimana mengatur keuangan supaya cukup bahkan bisa menabung.

Sayangnya hal tersebut tidak terjadi pada setiap orang, sehingga menjadikan banyak anak muda yang kemudian kurang memahami pentingnya mengelola uang. Bahkan ada cukup banyak orang yang telah memiliki hutang dan beragam cicilan untuk hal yang kurang produktif walaupun usia mereka masih sangat muda.

manajemen keuangan anak muda

Metode praktis mengelola keuangan di usia muda

Mengelola keuangan sesungguhnya bukan hal yang rumit terlebih jika masih berusia muda dimana sebagian besar dari mereka masih belum memiliki tanggungan dan beban hidup serta kebutuhan yang banyak. Hanya saja dapat menjadi rumit ketika tidak ada usaha untuk disiplin dalam mengatur keuangan sekalipun sudah memiliki penghasilan yang cukup. Berikut 6 metode praktis untuk mengelola keuangan bagi para muda yang bisa diterapkan supaya terhindar dari berbagai hutang dan bisa lebih berinvestasi untuk persiapan masa depan nantinya.

1. Harus mampu mengendalikan diri

Sebenarnya sangat beruntung jika Anda memiliki orang tua yang selalu mengingatkan pentingnya menyisihkan uang jajan untuk ditabung ketika Anda masih sekolah dulu. Karena dengan menabung maka maka Anda mempunyai kesempatan besar untuk memiliki barang atau apapun yang lebih bernilai dibandingkan dihabiskan untuk memenuhi kesenangan kecil yang bersifat sementara.

Walaupun mungkin saat ini Anda bisa saja memiliki berbagai barang impian dengan cara kredit namun tentunya akan lebih baik bagi keuangan Anda apabila membelinya secara tunai. Kebiasaan membeli barang dengan cara kredit memang terlihat ringan namun jika dilakukan secara rutin untuk membeli berbagai barang maka akan menjadikan tumpukan cicilan di setiap bulan yang mengakibatkan kondisi keuangan Anda menjadi kurang sehat.

Apabila Anda berbelanja menggunakan kartu kredit, maka gunakan secara bijaksana dan selalu memperhitungkan tagihan supaya dapat melunasi setiap bulan dengan tepat waktu. Selain mendisiplinkan keungan Anda juga akan membangun portofolio kredit yang baik.

2. Tentukan target keuangan di masa depan

Masa depan Anda adalah milik Anda sendiri dan hampir semuanya tergantung dari bagaimana Anda mempersiapkannya. Apabila tidak seawal mungkin Anda mulai belajar mengelola uang maka bisa saja kondisi Anda di masa depan jauh dari keniginan. Terlebih jika Anda memiliki lingkungan pergaulan yang tidak mendukung dalam kesehatan keuangan Anda. 

Bijaksanalah dalam menanggapi setiap ajakan orang-orang terdekat Anda yang ingin mengajak pergi keluar untuk menghabiskan banyak uang bersama mereka ketika akhir pekan tiba.

Siapapun saja baik itu kerabat atau teman dekat maupun teman kerja apabila memiliki kebiasaan keuangan yang buruk maka Anda harus tegas untuk menolaknya.

3. Mengetahui setiap penggunaan uang

Prinsip sederhana dan yang paling utama dalam setiap pengelolaan uang adalah pengeluaran jangan sampai lebih besar daripada penghasilan. Untuk mewujudkannya maka metode paling praktis untuk menjalankan adalah dengan membuat anggaran keuangan.

Tanpa disadari setiap keputusan kecil dalam aktivitas keuangan yang diambil dapat memberikan dampak besar pada kondisi keuangan Anda. Hal tersebut dapat dilakukan pada setiap aktivitas keuangan bulanan secara berulang dengan menekan pengeluaran yang tidak penting, selanjutnya lihatlah hasilnya setelah satu bulan Anda menjalankan. Cerdik dalam eliminasi keinginan yang tidak penting dan memilih sesuatu yang lebih sederhana akan membuat Anda mengumpulkan uang lebih cepat sehingga membuka tercapainya tujuan Anda di masa depan yang telah direncanakan.

4. Tersedia anggaran untuk keperluan mendadak

Kebutuhan yang datang mendadak seringkali tidak dapat dihindari, repotnya ketika saat itu tiba kita sedang tidak ada uang untuk memenuhinya. Tidak jarang solusi yang diambil oleh kebanyakan orang adalah dengan meminjam uang. Dari langkah tersebutlah biasanya akan membuka masalah keuangan jika tidak segera ditangani dengan baik.

Karena itulah maka mempunyai uang yang selalu siap untuk digunakan pada kondisi mendadak akan membantu Anda terhindar dari masalah keuangan, yang tentunya menjadikan hari-hari Anda menjadi produktif tanpa terbeban. 

Sekalipun Anda telah menyediakan dana untuk keadaan mendesak namun apabila tidak pernah digunakan, maka Anda samgat beruntung, karena dana darurat tersebut suatu saat dapat menjadi dana pensiun bahkan sebagai uang muka saat mengajukan KPR ke bank.

mempersiapkan masa pensiun

5. Mempersiapkan uang pensiun

Sekalipun Anda saat ini masih muda, namun sudah seharusnya masa tua wajib untuk dipersiapkan sedini mungkin. Bagaimana gaya hidup dan cara Anda mengelola keuangan dimasa sekarang sangat menentukan bagaimana Anda menjalani hari tua nantinya.

Tidak jauh berbeda dengan saat berjuang dan berusaha keras selama menjalani pendidikan sepanjang yang pernah Anda lalui, semua itu demi mempersiapkan apa yang Anda nikmati saat ini. Begitu juga masa tua ketika pensiun nanti akan ditentukan dari apa yang telah Anda bangun dan persiapkan di masa sekarang.

Untuk mempersiapkan uang sebagai dana pensiun Anda bisa mewujudkannya dalam berbagai bentuk instrumen mulai dari deposito, reksadana, obligasi atau emas. Mulailah dari yang paling sederhana seperti reksadana yang bisa anda miliki hanya dengan uang Rp 100.000 saja.

6. Jaga aset yang telah Anda bangun

Semua asetyang telah Anda kumpulkan saat ini hngga kedepan wajib untuk dijaga dan dilindungi, sehingga semua hasil usaha selama ini tidak hilang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan asuransi, mulai dari asuransi kebakaran untuk rumah, asuransi kerusakan dan dan kehilangan untuk barang-barang Anda yang bernilai seperi kendaraan dan sebagainya.

Penting juga bagi Anda memiliki asuransi kesehatan, penyakit kritis dan kecelakaan yang memiliki manfaat untuk cacat tetap dengan jumlah yang cukup. Walaupun tidak ingin memperoleh manfaat tersebut namun itu adalah bentuk dari Anda menghargai dan menyayangi diri sendiri.

Saat ini ada begitu banyak sumber yang bisa diperoleh sebagai media untuk belajar tentang investasi sebagai soft skill yang cukup dalam membangun aset yang pada akhirnya bermanfaat pada kehidupan dan masa depan Anda kelak.

Posting Komentar

0 Komentar