Bagaimana Cara Pindah Faskes BPJS Sendiri? Ternyata Mudah Lho!

Daftar isi [Tampil]

Tidak sedikit peserta yang menanyakan tentang cara pindah faskes BPJS. Dan hal ini menjadi sesuatu yang cukup banyak dipertanyakan mengenai prosedur dan lama prosesnya. Beberapa peserta BPJS mengatakan cara pindah fasilitas kesehatan BPJS cukup mudah. Namun tidak jarang pula yang mengatakan cara pindah faskes pertama BPJS cukup rumit apalagi untuk yang beralamat KTP berbeda kabupaten dengan alamat tinggal sekarang. Perlu diketahui bahwa ada 2 jenis BPJS yaitu BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan. Kali ini kita akan membahas yang kesehatan.

Cara pindah faskes BPJS sendiri dengan cepat dan mudah

Ada perserta yang memiliki pengalaman mengajukan pindah faskes pertama BPJS namun karena alamat KTP dan tempat tinggal berbeda kabupaten jadi mesti minta surat keterangan dari RT RW setempat. Tentunya akan menjadi 2 kali perjalanan jika tidak mengetahui persyaratan tersebut apalagi jika kantor BPJS jaraknya tidak dekat. Belum lagi jika memperoleh nomor antrian yang mencapai ratusan kalau tidak datang lebih awal. Mungkin ini yang membuat beberapa orang kemudian lebih memilih menggunakan asuransi kesehatan murah dari Generali dan asuransi kesehatan lainnya.

cara pindah faskes BPJS sendiri

Pindah faskes BPJS sendiri Melalui Aplikasi Android

Tapi sekarang cara pindah faskes BPJS bisa anda lakukan sendiri menggunakan aplikasi BPJS android. Beberapa minggu kemarin aplikasi BPJS di Play Store telah melakukan update. Dan ternyata yang berubah tidak hanya iconnya saja namun beberapa menu juga mengalami penambahan. Salah satunya yaitu dengan adanya menu untuk perubahan data peserta BPJS.

Menggunakan menu perubahan data peserta BPJS tersebut akan memungkinkan peserta untuk pindah faskes BPJS menggunakan aplikasi BPJS android. Hanya saja untuk pindah faskes BPJS kita wajib mengaktifkan GPS Location di android kita. GPS ini berfungsi untuk mengetahui lokasi kita dan mengetahui jarak terdekat faskes pertama BPJS yang bisa kita pilih untuk pindah.

cara pindah faskes BPJS sendiri

Cara pindah faskes BPJS menggunakan aplikasi android begitu praktis daripada kita harus pergi ke kantor BPJS untuk mengisi formulir permohonan pindah faskes pertama. Terlebih jika anda merupakan pribadi yang sibuk sehingga tidak bisa untuk meninggalkan pekerjaan atau profesi anda. Apalagi jika kemudian anda mendapatkan nomor antrian di kantor BPJS yang mungkin telah mencapai ratusan. Untuk pindah faskes pertama BPJS bisa dilakukan paling cepat setelah 3 bulan sekali.

Menu dan fasilitas aplikasi BPJS android

Disamping fasilitas yang dapat kita gunakan sebagai cara pindah faskes BPJS di android masih ada beberapa fasilitas serta menu yang sangat membantu. Mulai dari cek tagihan, mengetahui virtual account BPJS jika lupa, skrining riwayat kesehatan dan masih banyak lagi. Dan jika suatu saat kartu BPJS anda hilang maka kita juga bisa mencetaknya dari aplikasi BPJS android ini. Kita tinggal buka aplikasi ini maka kartu BPJS ini bisa di kirim ke alamat email kita untuk di cetak. Pada saat kita telah melakukan perubahan seperti pindah faskes BPJS maka secara otomatis alamat faskes pertama baru juga akan berubah pada kartu BPJS baru tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar