5 Penyebab Gagalnya Bisnis Online: Ketahui Apa Saja!

Daftar isi [Tampil]

Ketika Anda telah memulai bisnis online, lalu mulai menjalankannya namun setelah beberapa waktu berlalu Anda merasa bingung karena hanya ada beberapa pembeli saja yang membeli dagangan Anda. Pasti rasanya kecewa dan bingung apalagi jika modal bisnis online tersebut dari meminjam. Apabila Anda mengalami hal tersebut berarti bisnis online Anda termasuk dalam kategori bisnis online yang kurang berkembang. Mungkin ketika awal memulai bisnis online tersebut Anda masih belum mengetahui cara mensukseskan bisnis online Anda dan penyebab gagalnya bisnis online. Karena itu penting untuk mengetahui beberapa kesalahan terbesar dalam bisnis yang banyak terjadi.

Berikut dibawah ini merupakan 5 penyebab gagalnya bisnis online.

Penyebab Gagalnya Bisnis Online

Anda tidak mempunyai strategi bisnis online yang jelas.

Disaat awal memutuskan untuk merintis bisnis online, dan memilih internet sebagai sarana untuk memasarkan produk Anda, di saat itulah anda sudah harus berpikir mengenai strategi yang akan digunakan untuk menjalankan bisnis online tersebut. Bila anda menggunakan internet sebagai sarana memasarkan bisnis tersebut, maka yang wajib Anda buat adalah strategi marketing online yang akan dilakukan. Marketing online mencakup banyak faktor. 

Disaat Anda telah memutuskan untuk memajang dagangan anda menggunakan sebuah toko online, maka yang wajib Anda pikirkan adalah tentang SEO. Kemudian pikirkan juga mengenai bagaimana cara mengintegrasikan toko online Anda dengan akun social media sebagai sarana pembantu untuk mempermudah pemasaran.

Gagal dalam membangun kepercayaan.

Hal ini merupakan salah satu kesalahan yang fatal dan umumnya sering terjadi. Pada saat para calon konsumen mencoba mengakses website toko online kita, namun yang mereka dapati adalah halaman website yang lambat dan kurang responsive, desain yang kurang menarik serta load website yang lama akan membuat para calon pembeli kita tersebut memutuskan untuk menutup halaman toko online kita. Hal ini karena sejak awal, para calon pembeli pasti menilai apakah toko online ini dapat dipercaya atau tidak.

Pada saat toko online kita sulit dibuka karena kurang responsive apalagi dengan desain yang kurang menarik maka dari situ juga calon pembeli akan sulit mempercayai toko online kita. Kemudian apa yang sebaiknya dilakukan? Anda tentu ingin adanya peningkatan terhadap bisnis online Anda, Maka mulailah dari hal yang paling kecil. Mulailah mempelajari bagaimana cara membangun kepercayaan para calon pembeli terhadap bisnis online kita.

Pelayanan yang Buruk.

“Pembeli adalah raja” merupakan kalimat yang populer dalam dunia bisnis, begitu juga dalam bisnis online. Karena itu hal tersebut juga wajib untuk diterapkan selama Anda menjalankan bisnis online. Pada saat ada calon pembeli yang menghubungi atau mempunyai pertanyaan, kemudian Anda tidak memberikan jawaban yang memuaskan atau justru terkesan kurang ramah maka apa yang akan terjadi kemudian? 

Dapat dipastikan calon pembeli tersebut akan segera meninggalkan toko online anda Anda bahkan tidak akan kembali lagi. Pelayanan yang nyaman wajib diberikan kepada semua calon pembeli. Jika para konsumen dilayani dengan ramah pasti mereka akan merasa sangat nyaman ketika sedang berbelanja di toko online Anda.

Kurangnya jaringan dan pergaulan yang sempit.

Untuk dapat sukses dalam berbinis maka harus banyak bergaul. Karena pada saat Anda berencana untuk menjalankan bisnis maka Anda pasti berharap supaya bisnis Anda dikenal orang dan ramai pengunjung. Namun hal tersebut akan sulit terwujud jika Anda kurang suka bergaul dan tidak memiliki banyak kenalan.

Kurang menguasai informasi produk yang dijual.

Menguasai produk yang dijual merupakan hal yang wajib bagi penjual dan tidak cukup hanya dengan menuliskan deskripsi produknya di website saja. Sangat tidak baik ketika seseorang menjual sebuah produk namun dia sendiri tidak paham dengan produk tersebut. Contohnya saja ketika seseorang memulai bisnis menjual layanan hosting namun ketika ada keluhan dari konsumen penjual tersebut tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk menyelesaikan masalah yang seharusnya dapat dia tangani.

Semua bisnis termasuk bisnis online pasti memerlukan proses. Mulai dari menemukan ide bisnis dan peluang usaha hingga mengelolanya. Dengan berjalannya waktu maka kita akan dapat mengetahui setiap kendala dan peluang yang akan kita alami. Dengan mengetahui setidaknya 5 penyebab gagalnya bisnis online yang umum terjadi maka kita dapat mempersiapkan semua strategi pemasaran dengan lebih matang.

Posting Komentar

0 Komentar