5 Ide Bisnis Yang Unik Dan Kreatif: Apa Saja Itu?

Daftar isi [Tampil]

Memulai sebuah bisnis bukanlah perkara yang mudah. Tantangan yang muncul tidak hanya berupa inovasi dan kreatifitas dalam berbisnis, namun juga bisa muncul dari pihak kompetitor. Kompetisi ide bisnis yang unik dan kreatif harus terus menerus dilakukan supaya bisnis dapat terus berjalan dan tidak berhenti beroperasi apalagi samapi mengalami kebangkrutan. Jadi dapat disimpulkan bahwa bisnis yang baik merupakan bisnis yang sanggup bertahan dalam menghadapi kompetisi yang sulit.

Padahal sebenarnya masih banyak sekali ide bisnis yang unik dan kreatif serta masih minim persaingan dan memiliki prospek yang menjanjikan. Berikut dari 5 ide bisnis yang unik dan kreatif ini dapat dijadikan sebagai pilihan bisnis yang lumayan inovatif serta belum banyak dilakukan orang lain :

Ide Bisnis Yang Unik Dan Kreatif

Beberapa Ide Bisnis Yang Unik Dan Kreatif

1. Ide Bisnis Bengkel Panggilan Darurat

Ide bisnis pertama yaitu berupa bengkel panggilan darurat. Kalau kita perhatikan pemakaian kendaraan bermotor ataupun mobil telah menjadi sebuah kebutuhan primer di semua tempat. Pesatnya pertumbuhan para pengguna kendaraan bermotor dapat dijadikan peluang bisnis dengan mengembangkan bengkel panggilan darurat. 

Pada saat ada kendaraan bermotor mogok di jalan maka sebuah tim dari bengkel darurat panggilan akan siap berkunjung ke lokasi untuk memperbaiki kerusakan kendaraan tersebut dalam waktu yang cepat. Tidak cuma melayani jasa perbaikan kendaraan, bengkel darurat panggilan juga dapat membawakan bahan bakar bagi kendaraan yang mogok karena kehabisan bahan bakar. Kalau diperhatikan ide bisnis ini sangat unik dan kreatif namun sangat menarik serta menjanjikan.

2. Ide Bisnis Jasa Pertukangan

Perkembangan bisnis properti saat ini sangat pesat dan rupanya dapat memberikan peluang bagus untuk bisnis berupa jasa pertukangan. Ini dapat menjadi sebuah ide bisnis yang unik dan kreatif ketika bisnis di bidang jasa lainnya telah sempit dengan persaingan.

Bisnis di bidang jasa pertukangan dapat menjadi sebuah solusi untuk mengerjakan sebuah proyek untuk pembangunan rumah, perkantoran atau bangunan lain. Beberapa jenis pekerjaan sederhana juga dapat dijadikan lahan untuk bisnis jasa pertukangan ini, seperti jasa untuk memperbaiki pipa air atau atap yang bocor, mengecat bangunan atau memperbaiki tembok yang sudah rusak karena usia atau cuaca. Tinggal buat acuan untuk tarif jasa borongan atau harian, dengan begitu maka bisnis jasa pertukangan dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.

3. Ide Bisnis Jasa Kebersihan Panggilan

Pada saat kita iberencana untuk mengadakan sebuah acara besar di rumah, biasanya kita akan terlebih dahulu mebersihkan rumah sendirian atau dibantu oleh beberapa anggota keluarga lainnya. Hal ini tentu sangat merepotkan dan menguras tenaga karena harus membersihkan rumah dengan waktu yang terbatas. 

Disinilah sebuah ide bisnis yang unik dan kreatif berupa jasa kebersihan panggilan akan muncul. Bersih-bersih rumah justru akan menjadi ide bisnis karena kita dapat mulai merintisnya ketika orang lain juga sedang mengalami kerepotan ketika sedang membereskan rumahnya. Tinggal siapkan saja semua perlengkapan dan buat paket-paket layanan pembersihan rumah yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan kita.

4. Ide Bisnis Jasa Penjaga Keamanan Rumah

Tradisi mudik saat lebaran membuat sebagian dari masyarakat yang tinggal di kota besar pulang ke kampung halaman,atau ketika hari libur sekolah dan hari raya tertentu. Sebagian masyarakat kadangkala mudik dengan keadaan tidak tenang karena masih memikirkan keamanan rumah yang di tinggalkan dalam waktu yang lama. Kondisi ini membuat mereka kemudian menyerahkan kepada jasa penjaga keamanan rumah supaya menjaga keamanan rumah yang mereka tinggalkan untuk sementara waktu.

Jasa keamanan rumah ini dapat dikerjakan dengan cara yang berbeda. Ada jasa keamanan yang menggunakan teknologi CCTV dan sejenisnya untuk dapat memantau keadaan di dalam dan lingkungan rumah dari jarak jauh, tapi ada juga yang menggunakan jasa keamanan kepada pihak yang sudah biasa mengamankan sebuah gedung atau bangunan. Jadi tinggal kita sesuaikan saja jenis jasa keamanan rumah seperti apa yang paling cocok dengan kondisi kita dan target bisnis kita.

5. Ide Bisnis Penitipan Hewan Peliharaan

Masalah lain yang biasanya dimiliki oleh para pemudik yaitu hewan peliharaan yang akan mereka tinggalkan. Biasanya solusi mudah yang akan ditempuh adalah dengan menitipkannya kepada jasa penitipan hewan peliharaan. Untuk dapat menjalankan bisnis jasa penitipan hewan peliharaan ini dapat dilakukan untuk kawasan tempat tinggal yang jumlah perantaunya lumayan banyak. Sediakan jasa penitipan untuk hewan peliharaan yang tidak terbatas pada anjing serta kucing saja, tapi juga dapat melayani jenis hewan lain seperti kelinci, reptil, ular, ikan atau bahkan unggas.

Begitu banyak ide bisnis yang unik dan kreatif yang telah terbukti sukses. Jadi bisnis tidak harus berupa bisnis yang umum dan telah dijalankan banyak orang. Ide bisnis yang unik dan kreatif akan membentuk sebuah bisnis yang minim persaingan sehingga kita dapat meraih keberhasilan dengan peluang yang lebih besar dibandingkan bisnis lainnya. Atau Anda tertarik dengan jenis usaha penitipan anak?

Posting Komentar

0 Komentar